was successfully added to your cart.
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Selamat Pagi!

Bagaimana kabar sahabat ESQ di awal bulan yang indah ini? sebagian dari anda mungkin tengah berada di perjalanan, sementara yang lain sedang bersenda gurau di teras, atau menyantap hidangan lebaran. Bagaimana Ramadhan tahun ini telah memperbaiki mental dan kepribadian kita? Sejumlah orang yang beruntung, bisa jadi telah melakukan lompatan mental yang jauh ke depan. Semoga salah satunya itu kita.

 

Masih berbicara tentang era VUCA.

V : Volatility,

U : Uncertainty,

C : Complexity,
A : Ambiguity,

untuk menghadapinya, kita membutuhkan lompatan pemikiran. Dan lebih jauh lagi, kita memerlukan lompatan mental. Sayangnya, ramadhan tidak terjadi tiap hari. Namun untuk mendapatkan lompatan mental, kini telah ada metodenya. Anda penasaran? Sebelumnya kita bahas dulu tentang mengapa kita memerlukan lompatan mental, untuk menghadapi era VUCA sekarang ini.

 

Persaingan antar perusahaan, kini tidak lagi terjadi di tengah pasar. Anda tidak bisa lagi hanya mengandalkan sales promotion girl untuk mempromosikan produk. Karena untuk lebih dari separuh penduduk dunia, mereka telah dibuat mabuk kepayang oleh teknologi informasi yang bisa menyajikan informasi apa saja yang dibutuhkan. Bahkan bisa dikatakan, teknologi yang sekarang ada, bisa menghadirkan barang apa saja yang anda ingin, dari belahan dunia manapun yang anda inginkan.

 

Kini, bahkan anak muda yang lancar dalam menggunakan teknologi dan memiliki ide, bisa langsung membuka usaha. Dan hanya dalam hitungan menit, menjadi kompetitor anda. Beberapa dari anda mungkin berpikir ini tidak mungkin. Tapi, itulah kenyataannya.

 

Dan anda tidak bisa protes, karena teknologi memang terus dikembangkan dengan tujuan untuk membuat hidup manusia menjadi makin mudah, makin nyaman, dan makin menyenangkan. Mereka yang peka akan hal inilah, yang bisa melihat terbukanya berbagai kesempatan.

 

Menurut David Slocum (2013) dalam artikel yang dimuat di forbes.com, sejak tahun 1986, lebih dari 30 tahun yang lalu, sejak pertama kali teknologi komputer berkembang pesat, era VUCA telah dimulai. Dan banyak perusahaan raksasa yang tidak inovatif, berhenti beroperasi, di berbagai belahan dunia. Salah satunya mungkin tempat anda bekerja. Bisa jadi bukan sekarang, tapi beberapa bulan ke depan, bila tidak mau melakukan lompatan-lompatan inovasi.

 

Anda mungkin berkelit. Inovasi itu sangat mahal. Diperlukan penelitian yang lama untuk menciptakan suatu produk. Dan untuk menyelaraskan lini produksi membutuhkan serangkaian mesin conveyor baru, yang sangat mahal. Lalu, apakah anda akan membiarkan perusahaan tempat anda bekerja kemudian mati atau tutup begitu saja?

 

Yang jelas harus disiapkan adalah mental kita terlebih dahulu. Selain itu anda juga harus menjadikan kemampuan berpikir anda untuk lebih fleksibel. Mungkin mudah bila bicara tentang diri anda saja. Tapi bagaimana bila yang harus anda ubah adalah 30 orang karyawan di bawah anda? atau bila anda seorang pemegang strategi SDM, bagaimana untuk merubah mental dan kemampuan kognitif dari ratusan hingga ribuan karyawan di perusahaan anda? Agar mereka memiliki sikap mental dan kemampuan kognitif yang tahan banting? Agar mereka bisa lebih mudah menerima perubahan dan merangkulnya? Agar semua inovasi dapat dilakukan dengan lebih cepat dan bisa dilakukan dalam hitungan minggu atau bulan saja, dan bukan lagi bulan atau tahun?

 

Sebagian besar dari anda akan tercengang membaca paragraf diatas. Intinya, pada era VUCA ini, anda tidak lagi bisa mengatakan : tidak bisa atau tidak mungkin. Kita ada di era dimana semua serba mungkin. Yang bisa anda katakan sekarang adalah : “itu memungkinkan, tapi butuh bantuan semua pihak”. Dan anda makin gemas membaca tulisan ini, dan bertanya : dimana saya bisa dapatkan solusinya? Apa mungkin anda bikin seribu enam ratus orang karyawan di perusahaan saya berubah, hanya dalam hitungan hari saja?

 

Disinilah kami dari ESQ Leadership Center, memberanikan diri untuk menawarkan solusi perubahan mental bagi para pekerja anda, yang berjumlah puluhan, ratusan atau ribuan, melalui Training ESQ Personal Transformation Program yang sangat efektif untuk merubah sikap mental dan mindset berpikir hingga ribuan karyawan untuk waktu yang bersamaan sekalipun. Kami juga menawarkan solusi perubahan kognisi bagi para karyawan dan pegawai anda di level blue collar sekalipun, dan untuk white collar, dengan Training ESQ Quantum Excellent.

 

Dan kami tidak berhenti disitu. ESQ membentuk Accelerated Culture Transformation (ACT) Lembaga Konsultan SDM dan Management. Yang telah membantu banyak perusahaan besar di Indonesia seperti Telkomsel, PT Telkom, Pertamina, Adhi Karya dan AUTO 2000 (ASTRA Group), untuk bertransformasi dan terus memenangkan persaingan, di era VUCA yang membuat persaingan makin sengit.

 

Ataukah anda sendiri, sang pemilik usaha, yang ingin memimpin dan menjadi pemenang di era VUCA ini dan membutuhkan Coaching? ESQ pun telah memiliki Coaching Academy dengan mengikuti perkembangan dunia Coaching terkini, yaitu Strength Based Coaching. Untuk membimbing para top management di perusahaan anda agar secara mental dan kognitif dapat selalu berada di depan di era persaingan VUCA ini.

 

Saatnya anda memutuskan, apakah syawal ini merupakan titik lesat bagi kemenangan gemilang di perusahaan anda, atau tidak. ESQ Group siap membantu usaha anda. untuk keterangan lebih lengkap, anda bisa mengunjungi www.actconsulting.co. Salam hangat dari kami semua di ESQ.

 

Dapatkan E-book Gratis "PENSIUN SUKSES" dari Team ESQMPP

Daftar sekarang dan temukan Ide dan Inspirasi Cara Halal dan Mudah untuk Pensiun Damai dan Sukses!

kami tidak akan pernah menyalahgunakan alamat email Anda. Anda bisa berhenti berlangganan info dari kami kapan saja.

Leave a Reply