Skip to main content

Memulai Usaha Saat Pensiun

By August 3, 2021Article

Jika Anda belum tahu apa yang akan Anda lakukan saat pensiun, sebaiknya Anda mulai merencanakan dari sekarang. Menjalankan usaha merupakan salah satu contoh kegiatan yang mungkin dapat Anda lakukan di masa pensiun. Selain dapat menambah dana pensiun Anda, kehidupan sosial Anda akan terus berjalan. Anda hanya perlu persiapan usaha menjelang pensiun yang matang sebelum melakukannya.

Meskipun memulai bisnis pada masa ini terdengar menantang, namun kegiatan ini dapat membantu Anda untuk terus aktif secara mental, fisik, dan kognitif sehingga mengurangi resiko demensia dan Alzheimer.Jika Anda berpikir itu tidak mungkin, lihat betapa suksesnya Colonel Harland Sanders membuka bisnis Kentucky Fried Chicken (KFC) setelah beliau pensiun. 

Saat yang tepat untuk memulai usaha

Tidak ada waktu yang tepat untuk memulai usaha. Semua tergantung Anda. Persiapan usaha menjelang pensiun tentunya lebih tepat dilakukan sebelum Anda pensiun. Namun, jika memulai ketika Anda masih bekerja tidak memungkinkan, maka Anda bisa merancang terlebih dahulu dan menjalankannya setelah pensiun. Intinya, usaha ini dapat menemani dan mengisi dompet Anda ketika pensiun telah tiba. 

Tips mempersiapkan usaha menjelang pensiun

Pastikan Anda melihat kondisi di sekitar Anda, lihat peluang, kemudian tentukan usaha apa yang ingin Anda lakukan. Setelah itu, Anda bisa menentukan produk apa yang akan Anda jual, harga jual, saluran distribusi, strategi promosi, sumber daya manusia, proses pembuatan, dan kemasan. Persiapan usaha menjelang pensiun ini dapat Anda lakukan jauh sebelum Anda pensiun agar rencana yang Anda buat dapat lebih matang. Jika Anda memiliki mentor atau teman yang memiliki usaha, maka mintalah saran dari mereka.

Saat memulai, Anda tidak perlu terburu-buru untuk merekrut banyak pegawai. Mulai dari kecil dan membesar perlahan-lahan. Pastikan Anda melakukan tes pasar sebelum melakukan produksi masal jika Anda menjual barang dan bukan jasa. Selain itu, selalu siapkan mental untuk perubahan rencana, karena terkadang rencana yang Anda buat perlu sedikit penyesuain setelah diuji.

Inspirasi usaha saat pensiun

Sebelum memulai, pastikan persiapan usaha menjelang pensiun Anda matang, agar mengurangi resiko kegagalan.Berikut beberapa usaha yang mungkin dapat Anda lakukan selama pensiun:

  • Konsultan

Anda telah bekerja berpuluh-puluh tahun, pengalaman hidup Anda berlimpah dan saran profesional Anda pasti berguna bagi generasi di bawah Anda. Selain itu, konsultan yang berpengalaman tentu lebih dapat dipercaya daripada konsultan yang baru saja lulus dari perguruan tinggi. 

  • Membuka bisnis online

Jenis usaha ini memungkinkan Anda untuk menjual barang baik produksi pribadi maupun menjadi dropshipper atau reseller. Jika Anda kelelahan karena banyaknya pesanan, Anda selalu bisa menambah karyawan untuk membantu Anda.

  • Menyewakan rumah kosan atau kontrakan

Jika Anda memiliki banyak rumah atau cukup banyak uang untuk membangun rumah baru, Anda dapat menyewakannya sebagai kosan atau kontrakan. Selain itu, banyak opsi lain di aplikasi penginapan yang dapat Anda gunakan untuk menawarkan penginapan satu atau dua malam.

  • Membuat toko atau swalayan

Jika Anda memiliki modal yang cukup untuk membuat toko atau swalayan, maka jenis usaha ini dapat dipertimbangkan. Anda dapat mengelolanya sendiri atau dapat juga langsung merekrut pekerja untuk menjalankan usaha ini. 

  • Rental mobil

Memiliki banyak mobil yang tidak terpakai? Anda bisa menyewakannya. Tidak banyak hal yang harus Anda lakukan dengan model usaha semacam ini. Promosi dan perawatan mobil adalah dua hal yang harus Anda lakukan.

Jadi, apakah Anda sudah memutuskan untuk memulai usaha ketika pensiun? Jika iya, jangan lupa lakukan persiapan usaha menjelang pensiun dengan matang.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?