Skip to main content

MPP Membantu Menemukan Makna Hidup

By July 18, 2016August 20th, 2020Berita Training, Kisah Inspiratif
training-persiapan-pensiun

Makna Hidup diperlukan oleh semua orang. Makna Hidup membantu kita dalam menghadapi masa-masa yang sulit dan membuat kita bisa mempertahankan mindset positif terhadap apapun yang terjadi dalam kehidupan kita seberat apapun peristiwa yang terjadi.

Bagi calon pensiunan makna hidup menjadi penting karena setelah lepas dari pekerjaan banyak orang yang hidupnya merasa hampa, merasa tidak berarti, dan kehilangan tujuan. Inilah yang membuat banyak pensiunan menjadi sakit-sakitan, sedih, depresi, dan mengha-biskan hari-harinya tanpa kegiatan yang bertujuan.

Teori mengenai Makna Hidup ditemukan oleh Victor Frankl, pada saat ia masuk kamp konsentrasi Nazi. Frankl adalah seorang neurolog dan psikiater dari Austria yang lahir pada tahun 1905 dan meninggal pada ta-hun 1997.

Pada tahun 1959 ia menulis bukunya, “Man Search for Meaning”. Frankl mengemukakan dalam buku tersebut bahwa Makna Hidup bisa dicapai dengan 3 pendekatan yaitu : 1. Nilai pengalaman, melalui peak experi-ence dan aesthetic experience, 2. Creative Values, 3. Attitudinal Values.

Dalam training ESQ peserta diajak untuk melakukan Inner Journey, perjal-anan menuju alam bawah sadar dimana Trainer akan berbicara dengan diri kita, hati kita, dengan pertanyaan-pertanyaan yang menghunjam dan menggugah berbagai keyakinan, kebiasaan persepsi berpikir dan kebia-saan perasaan prasangka kita yang selama ini telah membangun tembok diantara diri kita dengan hati nurani kita.

Tembok perasaan dan pikiran kita dibagi dalam 7 hal yang membelenggu hati kita. Dalam fase Inner Journey ini jiwa kita dibongkar habis-habisan, mental kita dihunjam oleh suara musik yang berdentum keras, gambar film yang memiliki makna kuat dan ayat-ayat suci yang membuka keajai-ban Tuhan dan keajaiban alam sehingga sampailah kita dalam Peak Experience dan Aesthetic Experience mengenai kedigdayaan kuasa Tuhan dan keindahan sifat Tuhan yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Disinilah Makna hidup yang pertama yaitu nilai pengalaman terbentuk.

training-persiapan-pensiun

traing-persiapan-pensiun-esqmpp

Dalam pelatihan pensiun ESQ terdapat games yang membutuhkan kreativi-tas untuk menyelesaikannya. Peserta training dilibatkan dalam sesi-sesi games yang menarik, dan penuh dengan makna. Disinilah makna hidup yang kedua, yaitu nilai kreatif, terbentuk untuk menggapai makna hidup yang ketiga.

Makna hidup yang ketiga adalah attitudinal values, saat kita menemukan nilai-nilai sikap hidup setelah melalui pengalaman hidup yang berarti dan penderitaan, kita akan mendapatkan pencerahan atas indahnya hidup dan tercapailah makna hidup kita. Dalam Training pensiun ESQ jiwa kita akan dikuras habis-habisan dalam sesi katarsis, kita merasakan betapa menderitanya diri kita saat dihadapkan pada banyaknya dosa dan kesalahan yang telah kita lakukan, yang menyebabkan hati kita selama ini begitu kotor karena dosa-dosa tersebut kita biarkan.

Dan pada akhir dari setiap sesi, kita selalu diajak untuk kembali ke kesadaran dan menggerakkan kembali badan kita yang sejatinya hanyalah titipan Tuhan, dan bukan milik kita. Lalu kita diajak untuk menemukan Supra Meaning, dan mencari dimana posisi kita dalam seluruh ciptaan Tuhan dengan melihat Alam Semesta hingga ke lapisan langit tertinggi, susunan galaksi.

Dan disinilah kita menyadari betapa kecilnya kita di hadapan Tuhan, tidak lebih hanya sebutir debu yang tidak berharga bagi Tuhan yang Maha Pemilik segalanya. Susunan Perjalanan Spiritual yang tersusun rapi dalam Training pensiun ESQ ini membantu pesertanya untuk menemukan Supra meaning.

Supra Meaning berarti bahwa ada makna akhir dalam hidup, makna yang tidak bergantung pada orang lain, mengacu pada Tuhan Yang Maha Kuasa dan menyangkut Makna Spiritual.

Sesi menemukan makna hidup merupakan salah satu sesi dalam pelati-han pensiun ESQ, materi yang kami bungkus dengan nama Wisdom Living ini adalah salah satu program favorit dari para peserta training per-siapan pensiun ESQ. Proses menemukan Makna hidup yang sejatinya baru bisa dicapai dalam waktu yang bertahun-tahun, kini bisa kita capai dengan Training ESQ MPP hanya 3-5 hari saja dalam Program Masa Persiapan Pensiun.

ESQ MPP adalah salah satu produk dari ESQ yang diciptakan guna untuk membantu para calon purna bakti dalam menghadapi fase – fase pensiun mereka. Training Persiapan Pensiun yang menggabungkan kualitas content yang baik dan tepat, terukur, metode delivery yang baik, customized sesuai dengan kebutuhan client serta kualitas service yang seharusnya dimiliki oleh konsultan pensiun dan jasa.

Sebagai konsultan pensiun kami bertujuan untuk memberikan solusi terin-tegrasi menjawab kebutuhan dari client kami serta membantu para peserta dalam persiapan pensiun mereka.

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?