Skip to main content

Mengenal MPP Dan Hal-hal Yang Dapat Dilakukannya

By May 17, 2021Article

Pernahkah Anda mendengar tentang mpp? Jika Anda pernah mendengar akan hal tersebut tentu Anda sudah tahu apa yang dimaksud dengannya. Namun jika Anda belum mengetahuinya, maka pastikan Anda simak penjelasan berikut ini : 

Apa itu MPP? 

MPP atau Masa Persiapan Pensiun dikenal sebagai masa transisi. Hal ini umumnya dialami oleh para pekerja atau bahkan karyawan setelah mereka bekerja dalam waktu lama. Dalam hal ini, para pekerja tersebut menghabiskan waktu lama di berbagai perusahaan, kantor pemerintah atau tempat kerja lainnya. 

Usia pensiun itu sendiri ditentukan oleh tempat bekerja yang dimilikinya. Ada yang menetapkan waktu pensiun pada usia 55, 58 bahkan hingga 65. Hal tersebut disesuaikan dengan kebijakan masing-masing perusahaan. 

Memasuki masa pensiun, setiap orang memiliki tanggapan yang berbeda. Ada yang menanggapinya dengan rasa khawatir, ragu pesimis karena terbiasa bekerja. Namun ada pula yang menyikapinya dengan tenang, santai, hingga sikap optimis dalam menyongsong masa depan. 

Hal-hal yang dapat dilakukan selama MPP dan setelah pensiun 

Jika Anda termasuk salah satu orang yang tengah dihadapkan dengan waktu pensiun. Ada beberapa hal yang tentunya dapat Anda lakukan setelah pensiun. Ingin tahu apa saja? Berikut penjelasannya :

  1. Tetap memiliki kegiatan berarti 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ketika memasuki masa pensiun adalah tetap memiliki kegiatan berarti. Menikmati waktu pensiun dengan menggunakan uang pensiun memang termasuk dalam aktivitas yang dapat dilakukan. Akan tetapi kegiatan tersebut tidak terlalu produktif dan bahkan tidak menghasilkan sesuatu yang berarti. 

Selain itu, tidak melakukan kegiatan apa pun seringkali membuat seseorang berubah menjadi stress. Bahkan mereka yang tidak memiliki aktivitas apapun, tentunya akan lebih mudah terserang penyakit. Karena itulah untuk menjadikan masa pensiun lebih bermakna, pastikan bahwa Anda telah mempersiapkan berbagai aktivitas. 

  • Tetap bersikap positif 

Hal lainnya yang juga tetap harus Anda lakukan adalah berpikir positif. Banyak sekali orang yang telah pensiun dan kemudian menghadapi hal sulit. Padahal sebelum pensiun, dirinya adalah orang yang menduduki jabatan penting di sebuah perusahaan. 

Hal tersebut umumnya terjadi karena orang tersebut kurang mempersiapkan diri dalam menghadapi masa pensiun. Sehingga dirinya yang semula selalu tampil percaya diri dan penuh dengan pikiran positif pun mulai berubah. Bahkan menjadi sosok sebaliknya, seperti tidak percaya diri, mudah putus asa dan lainnya. 

  • Lebih berhati-hati dalam menggunakan uang pensiun 

Jika uang pensiun yang Anda terima diberikan dalam waktu berkala, misalkan per bulan. Tentunya Anda pun dapat mengatur keuangan tersebut dengan lebih baik. Dalam hal ini, Anda akan menggunakan uang seperlunya saja sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari. 

Akan tetapi, jika uang pensiun yang Anda terima hadir dalam bentuk uang pesangon. Misalkan Anda diberikan uang dalam jumlah besar secara sekaligus. Tentunya hal tersebut harus Anda waspadai. 

Mengapa demikian? Karena jika Anda tidak pintar dalam menyimpan uang. Bukan tidak mungkin uang yang semula berada dalam jumlah besar pun habis dalam waktu cepat.

  • Berhati-hati saat memulai investasi

Bagi Anda yang ingin berinvestasi agar jaminan masa tua yang Anda miliki lebih terjamin. Pastikanlah untuk melakukan investasi dengan cara yang tepat. Perhatikan informasi mengenai investasi tersebut lebih dalam sebelum Anda memulainya. 

Pasalnya ada banyak pensiunan yang tertipu oleh layanan investasi bodong. Sehingga bukan jaminan masa tua yang bisa didapatkan olehnya. Tetapi justru kerugian yang membuat pensiunan bingung dalam memenuhi kebutuhannya. 

Bagi Anda yang ingin mempersiapkan masa pensiun dengan baik. Cobalah untuk menggunakan layanan jasa khusus dari  http://esqmpp.com/. Sehingga masa pensiun Anda pun akan lebih terarah dan bermakna.

Demikianlah kiranya beberapa hal yang dapat Anda lakukan selama atau bahkan setelah MPP.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?