Skip to main content

Mental Blok secara Sains (2)

By December 2, 2016August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun,

Di dalam Training ESQ MPP, terdapat sesi mengenai 7 belenggu mental yang menghalangi kita dari kesuksesan. Salah satu dari 7 belenggu mental / mental blok dalam ESQ adalah : belenggu Persepsi.

 

Hal ini ternyata sejalan dengan penemuan Ilmiah dari teori psikologi barat, dimana ada 6 tipe hambatan konseptual,  yang salah satunya adalah hambatan persepsi atau perceptual blocks. Malah, dalam 6 tipe dari James Adams (1979) tersebut, Hambatan Persepsi ada pada urutan pertama.

 

Mengapa Persepsi bisa berbahaya bagi kesuksesan kita? Menurut Adams (1979), hal ini karena ;

  1. Belenggu persepsi membuat kita membatasi masalah secara tidak perlu

  2. Belenggu persepsi juga membuat kita menilai orang lain dengan menggunakan stereotip

  3. Belenggu persepsi juga membuat kita membedakan kadar informasi (melakukan saturasi informasi) secara terlalu berlebihan.

 

Kita bahas satu persatu yuk..

  1. Pembatasan masalah secara tidak perlu, membuat kita menjadi berlebihan.

Karena belenggu persepsi ini, kita akan menghadapi banyak hal dengan tidak seimbang. Bahkan sesuatu yang bukan masalah pun, akan dianggap sebagai masalah. Akibatnya, pandangan kita akan selalu negatif terhadap apapun yang ada di depan mata. Dalam lapangan pekerjaan, tentunya kita tidak boleh memiliki pandangan yang selalu negatif seperti ini. Bisa menutup pintu kesempatan yang sebenarnya terbuka lebar. Dan bisa membuat beban pikiran kita menjadi besar, berat dan bertambah-tambah. Padahal bisa jadi masalah yang ditakutkan tersebut sebenarnya tidak ada.

 

  1. Penggunaan stereotip dalam menilai orang lain

Stereotip terjadi karena pelabelan persepsi pada orang-orang dalam kategori tertentu. Padahal, belum tentu apa yang kita labelkan itu benar dan terbukti. Stereotip tersebar di masyarakat, dan menyebabkan terjadinya perlakuan yang tidak adil pada orang lain. Misalnya pandangan bahwa suku tertentu memiliki sifat dominan tertentu. Pandangan ini seringkali salah, karena sifat dominan seseorang berbeda-beda dan tidak ditentukan oleh suku dan ras-nya. Malah bisa jadi, bertolak belakang dengan apa yang kita sangka.

Namun, stereotip yang terburu-buru, bisa membuat kita berlaku tidak adil, bersikap curiga, atau melakukan sikap negatif lainnya, pada orang yang sedang kita hadapi. Padahal, bisa jadi orang yang kita kenai persepsi stereotip itu tidak punya salah apa-apa, dan ia malah punya niat baik pada kita, atau malah ingin membantu. Inilah mengapa belenggu persepsi bisa membatasi dan mengurangi peluang kesuksesan kita.

 

  1. Saturasi Informasi (membedakan kadar informasi) secara berlebihan

Informasi yang kita terima, walaupun sama, bisa kita tanggapi secara berbeda. Bisa jadi, info dibedakan dari sumbernya, dari isinya, dari pembawanya. Dan pembedaan kadar ini akibat belenggu persepsi yang kita miliki.

Misalnya, saat menyaring informasi yang kita dapatkan di internet. Saat informasi tersebut menampilkan sosok orang-orang yang menarik, seringkali suatu informasi bisa diterima dengan cepat dan tersebar secara luas. Padahal, belum tentu konten informasi tersebut benar adanya. Demikian juga sebaliknya, apabila pembawa info tersebut tidak disukai, suatu info seringkali tidak diterima dan akhirnya pesannya tidak tersampaikan dengan baik.

Dalam ilmu sukses, tentunya kita tidak bisa melakukan hal ini, bila kita ingin berkembang. Mengapa begitu? Contohnya bila hal ini dilakukan oleh seorang pimpinan perusahaan, tak terbayang besarnya kesalahan yang bisa terjadi. Bisa jadi terjadi suatu pengambilan keputusan yang salah, yang menyebabkan nilai saham perusahaan tersebut anjlok dan turun. Padahal simpul masalahnya hanya karena 1 hal, yaitu : saturasi informasi yang berlebihan.

 

Sekarang pahamkah anda mengapa dalam ESQ, belenggu persepsi merupakan salah satu mental blok? Sudah tahukah mengapa belenggu persepsi ini bisa menghalangi kita dari mencapai kesuksesan, menghalangi keberhasilan dan menutup pintu-pintu kebaikan?

 

Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Training ESQ MPP? Hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau telepon kantor kami di 021-2940-6969 ext. 174

 

Salam Pensiun Bermakna

www.esqmpp.com

https://www.facebook.com/ESQ.MasaPersiapanPensiun

– See more at: http://esqmpp.com/faedah-training-esq-yang-tak-ada-di-tempat-lain-3/#sthash.bwMb3aZo.dpuf

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?