Modal Bahagia di Masa Pensiun

By March 23, 2013August 20th, 2020Pensiun Bahagia

Dalam masa hidupnya, semua orang di dunia, mencari kebahagiaan. Tidak ada orang yang ingin hidupnya tidak bahagia. Namun, bagaimana cara untuk menggapai kebahagiaan? dan Apa Modal yang harus disiapkan, untuk bisa memetik kebahagiaan yang kita inginkan?

 

Manusia, adalah mahluk ruhani, bukan hanya mahluk fisik semata. Untuk itu, dalam mencapai kebahagiaan yang diinginkan, kebutuhan fisik bukanlah satu-satunya yang harus dipenuhi. Kebutuhan untuk rumah tinggal, kendaraan, berlibur, pakaian, makanan dan minuman lezat, serta berbagai upaya memenuhi kebutuhan fisik lainnya, mungkin bisa mendatangkan kebahagiaan, tapi sifatnya hanya sementara.

 

Bagaimana untuk memperoleh kebahagiaan sejati?

Kebahagiaan Sejati harus dicapai dengan memiliki keseimbangan antara pemenuhan Kebutuhan Fisiologis, Intelaktual, Emosional dan Kebutuhan Spiritual. Namun yang terutama harus disiapkan untuk memperoleh kebahagiaan yang tidak akan ada habisnya, hanya satu sumbernya, yaitu :

 

Modal ESQ untuk Bahagia Sejati

Modal Spiritual adalah hal yang terpenting untuk menentukan kebahagiaan kita adalah kedekatan kita kepada Tuhan. Bagaimana kita menemukan diri kita, di tengah rentangan hidup sejak kita lahir hingga sekarang, hingga di masa tua, bahkan hingga di akhir hayat nantinya. Kebahagiaan sejati adalah tentang bersyukur kepada Tuhan, yang bila kita bersyukur, maka Ia akan menambahkan nikmatnya kepada kita.

 

Buah dari Modal Spiritual tersebut, akan lahir sejumlah keunggulan dari langkah-langkah khas ESQ sebagai berikut:

  1. Pembersihan Hati dan Pikiran

  2. Pembentukan Kekuatan Mental

  3. Pengembangan Ketangguhan Pribadi

  4. Pengembangan Ketangguhan Sosial

Langkah khas ESQ adalah pembangunan 4 Modal Utama Sukses diatas, dengan Metode yang terkenal sebagai ESQ Way atau Langkah 165.

 

Apakah langkah 165 itu?

  1. Langkah pertama adalah Ihsan, atau terus menerus melakukan perbaikan diri atau Kaizen. Dibahasakan juga oleh kalangan manajemen sebagai Continous Improvement, upaya perbaikan yang terus berkelanjutan dan tanpa henti. Ihsan dicapai dengan proses menolkan kembali hati dan pikiran,  yang disebut dengan Zero Mind Process, dengan metode Zero Mind Techniques.
  2. Langkah kedua untuk Membentuk Ketangguhan Mental adalah 6 Prinsip utama kehidupan, yang membentuk 7 sifat-sifat utama budi pekerti, yaitu : Jujur, Tanggung Jawab, Visioner, Disiplin, Kerjasama, Adil dan Peduli.
  3. Langkah ketiga adalah Membentuk Ketangguhan Pribadi, melalui Mission Statement, Character Building dan Self Control.
  4. Langkah keempat untuk Membentuk Ketangguhan Sosial adalah melalui Strategic Collaboration dan Total Action.

Dengan melakukan Langkah 165 tersebut, kita akan memperoleh tidak hanya kebahagiaan, tapi juga keberhasilan dalam hidup yang menghasilkan kesuksesan untuk kita, di dunia dan bahkan setelah kita sudah tiada. Mengapa Hal ini Penting? Karena semua orang ingin hidupnya berarti, bermakna, berguna, dan dikenang. Bila tidak, ia bisa terkena spiritual pathology, yang membuatnya hidup tidak bahagia, dan menderita.

 

Setiap orang ingin dikenang sebagai seseorang yang memiliki nama baik, kenangan yang manis dan harum, dan meninggalkan kesan yang menginspirasi bagi orang lain. Ini semua, ada di dalam Training ESQ MPP, melalui Program Wisdom Living, yang akan mengajak kita menemukan kebijaksanaan dalam hidup, yang membuat kita bahagia dengan matang. Untuk memperoleh keterangan mengenai Program Training ESQ MPP, hubungi kami via email ke : esqmpp@gmail.com atau telepon ke 021 – 2940 -6969 ext. 174.

 

Salam Pensiun Bermakna!

Search kami di facebook dengan nama : Masa Persiapan Pensiun

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?