Skip to main content

Pensiun: Ekspektasi vs Realita

By March 22, 2022Article

Merencanakan pensiun terdengar cukup mudah – tetapi ada kesenjangan besar antara ekspektasi dan realita.

Semua artikel di luar sana memberi tahu Anda bahwa pensiun semudah merencanakan anggaran, sama seperti Anda mempersiapkan pengeluaran sehari-hari. Tetapi pertanyaan besarnya adalah: berapa banyak yang Anda butuhkan untuk pensiun?

Para ahli kemungkinan akan memberi tahu Anda bahwa Anda membutuhkan sekitar 12 kali gaji pra-pensiun Anda. Anda berpikir bahwa yang Anda butuhkan hanyalah kebutuhan mendasar dan mendesak, seperti pengeluaran untuk makan dan sewa. Tetapi, kemungkinan besar Anda membutuhkan lebih dari itu karena ekspektasi kita biasanya tidak sesuai dengan kenyataan hidup dengan pendapatan tetap.

Permasalahannya? Hampir semua calon pensiunan percaya bahwa standar hidup mereka akan tetap sama.

Kebanyakan orang tidak cukup menabung untuk pensiun karena persepsi yang salah seputar kebutuhan gaya hidup seiring bertambahnya usia. Laju inflasi ditambah dengan meningkatnya pilihan gaya hidup cenderung mengganggu rencana tabungan pensiun kita.

Kesalahan banyak orang datang dari kurangnya pendidikan finansial. Banyak orang tidak tahu bahwa mereka membutuhkan brangkas uang yang lebih besar untuk mendapatkan pendapatan pensiun yang sama. Menurut Money Advice Service, sebagian besar pensiunan juga meremehkan berapa lama masa pensiun mereka akan berlangsung. Hanya merencanakan selama 20 tahun masih bisa menimbulkan resiko kehabisan uang – terutama karena pria dan wanita berusia 65 tahun memiliki peluang 50% untuk hidup masing-masing hingga 87 dan 90 tahun. Lebih buruk lagi, banyak dari tahun-tahun terakhir itu dapat mengakibatkan pengeluaran yang lebih tinggi karena perawatan di akhir hayat.

Menabung tidak menjadi lebih mudah seiring bertambahnya usia. Dengan bertambahnya usia, datanglah pengeluaran yang signifikan yang dapat mengubah tujuan pensiun. Di ESQ MPP, kami ingin memastikan Anda tidak melalui transisi ini sendirian. Pelatih kami berpengetahuan luas dan berpengalaman dan akan membantu Anda mempersiapkan rencana pensiun yang lebih baik.

Source:
BBC

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?