Skip to main content

Pensiun sebagai Fase Karir Tersulit

By November 22, 2016August 20th, 2020Pensiun Sehat

Prof. Dr. John W Newstrom dan Keith Davis, menyimpulkan bahwa Masa Pensiun dianggap sebagai yang tersulit dibanding fase lain dalam karir. Untuk itu, diperlukan persiapan untuk menghadapi kondisi baru setelah pensiun.

Newstrom adalah seorang ahli dalam Psikologi Perilaku Organisasi (Organizational Behavior). Ia mengajar di Labovitzh School of Bussiness and Economy. Ia banyak menulis buku, diantaranya buku berjudul Organizational Behavior : Human Behavior at Work.

Apa yang dikemukakan oleh Prof Newstrom, bisa menjadi masukan yang berharga bagi tiap orang yang sedang berada di perjalanan karirnya. Untuk kita, dan untuk siapa saja, agar bisa mempersiapkan diri untuk masa pensiun, semuda mungkin.

Pada masa pensiun, kita akan banyak memiliki waktu luang. Hanya saja, pendapatan akan jauh berkurang dibanding masa sebelumnya. Hal ini karena kita tidak lagi menerima gaji. Namun, bila kita sudah mempersiapkan diri dengan lebih baik, maka hasilnya pun akan bisa kita petik pada masa pensiun nanti, atau bahkan sebelumnya.

Cara untuk mempersiapkan diri menghadapi pensiun, bisa dengan berwirausaha rendah resiko, atau dengan investasi rendah resiko. Mengapa penting untuk mengambil pilihan dengan resiko yang rendah? Hal ini tentu saja karena kita masih belajar. Di saat-saat awal kita belajar berwirausaha atau berinvestasi, hindarkan diri dari mengambil resiko tinggi. Karena investasi atau wirausaha beresiko tinggi akan menyebabkan kita kehilangan dana kita, dalam jumlah yang banyak.

Mengapa persiapan pensiun penting untuk dilakukan sejak mula mungkin? Hal ini karena, diperlukan fase belajar untuk bisa menguasai keterampilan wirausaha, dan untuk memiliki keterampilan investasi. Bila kita mulai sejak sekarang, kita akan sudah mencapai taraf ahli, pada saatnya nanti kita sampai di usia pensiun, sehingga kita tidak perlu khawatir lagi dalam menghadapi fase karir tersulit itu nantinya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai masa persiapan pensiun yang bisa anda lakukan, hubungi kami di : esqmpp@gmail.com atau via telepon ke 0856-9311-9026 (gina). Untuk langsung mengikuti Training Publik kami yang akan dilaksanakan pada tanggal 28-30 November 2016, amankan kursi anda saat ini juga. Hubungi kami sekarang.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?