Skip to main content

Pentingnya Cerdas Finansial untuk Persiapan Pensiun

By March 21, 2017August 20th, 2020Pensiun Sejahtera
pelatihan kewirausahaan masa pensiun, training untuk pegawai persiapan masa pensiun, persiapan pensiun karyawan swasta, pelatihan pra purnabakti, pelatihan mpp, pelatihan sebelum pensiun, konsultan pensiun, diklat pra pensiun, pelatihan persiapan pensiun, pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan untuk persiapan pensiun, proposal pelatihan masa persiapan pensiun, pelatihan persiapan pensiun jakarta, program pelatihan persiapan pensiun,

Apa Pentingnya Persiapan Pensiun? Banyak yang menyepelekan hal ini. Namun banyak pula yang sudah peduli persiapan pensiun sejak muda. Hal ini karena untuk pegawai negeri sipil (Pns), pengeluaran di masa pensiun akan berkurang. Sementara, untuk purnabakti dari perusahaan swasta, akan menerima dana pesangon yang jumlahnya besar. Bila tidak dikelola dengan baik, ada berbagai resiko keuangan yang bisa berpengaruh besar pada kehidupan setelah pensiun nantinya. Bagaimana cara mengelola keuangan pensiun yang tepat?

 

Banyak orang mencari informasi tentang : Persiapan apa yang Paling Penting untuk Diketahui Pensiunan? Berangkat dari Pengalaman ESQ selama belasan tahun, ESQ mendirikan MPP (Masa Persiapan Pensiun), dengan tujuan untuk memberikan Pelatihan yang Tepat dan Ringkas bagi Para Calon Purnakarya, Agar bisa Mandiri dan Berdikari di Masa Pensiun Mereka. Dan kami juga menyediakan diri sebagai Konsultan Pensiun bagi para Alumni ESQ MPP, yang jumlahnya diatas 2500 orang hingga saat ini, di seluruh Indonesia.

Kebanyakan orang yang akan pensiun, tidak mengetahui Pentingnya Persiapan Pensiun, terutama dalam bidang pengetahuan dan keahlian keuangan. Sehingga, tidak dengan serius mengembangkan pengetahuan mereka tentang keuangan. Akibatnya, banyak yang tidak tahu, bagaimana cara yang baik untuk mengelola keuangannya. Padahal, ada sejumlah fenomena yang menjadi alasan mengapa Kecerdasan Finansial sangat penting untuk dipelajari sebelum masa pensiun kita tiba, yaitu diantaranya adalah :

 

  • Banyaknya skema penipuan yang ditujukan kepada para pensiunan. Dengan meningkatkan pengetahuan kita akan keuangan, kita akan bisa tahu, investasi mana yang benar-benar real, terjamin dan sehat, dan mana skema bodong yang hanya mengambil uang kita begitu saja. Inilah mengapa kecerdasan finansial ditekankan sebagai pentingnya persiapan pensiun.

 

  • Jumlah dana pensiun yang besar (pada pensiunan perusahaan swasta) bisa membuat kita lengah, dan menganggap hal itu sebagai hadiah yang bisa kita habiskan untuk foya-foya. Padahal, seharusnya dana pensiun yang kita dapatkan, kita jadikan sebuah investasi yang bisa menghasilkan, apakah itu dengan membuka usaha, atau dengan bekerjasama dengan kawan yang sudah terjamin pengetahuan keuangannya, atau dengan bantuan perencana keuangan.

 

  • Tidak mengetahui cara investasi yang baik. Keterampilan investasi dibutuhkan oleh semua orang, namun tidak semua orang memilikinya. Hal ini ditambah lagi dengan kenyataan bahwa di Indonesia, investasi belum menjadi sebuah kebiasaan. Banyak sekali jenis investasi ditawarkan, namun masih sedikit masyarakat yang melakukan investasi. Investasi yang umum dilakukan baru sebatas menabung, membeli emas, atau membeli tanah. Padahal, calon purnabakti harus mengetahui cara investasi yang aman, rendah resiko, dan menghasilkan pendapatan tambahan di masa pensiun. Inilah mengapa hal ini ditekankan sebagai pentingnya persiapan pensiun.

 

  • Pendapatan di masa pensiun biasanya hanya sepersekian dari gaji sebelumnya. Tanpa perencanaan keuangan, kita akan mudah cemas, dan uang mengalir tanpa kendali. Bila kita tidak menempatkan uang kita dalam pos-pos keuangan yang jelas dan terbagi dengan proporsional, bisa jadi kita berbelanja tanpa kendali dan boros, dan kita kehabisan uang disaat yang genting.

 

Pada tahun 2011, situs Readers Digest Indonesia  memasang tulisan berjudul “Jangan Bangkrut Saat Pensiun”. Tentu saja kita tidak ingin jatuh pada kebangkrutan bukan? Kita tentu ingin agar Masa Pensiun kita bisa dinikmati dengan nyaman, menyenangkan, santai, dan bahkan bila kita mau, di Masa Pensiun, kita bisa jadi Lebih Sukses dari sebelumnya, dengan menekuni bidang yang benar-benar kita senangi, dan kita bisa membangun prestasi di bidang tersebut. Banyak contoh sukses para pengusaha kelas dunia, yang berhasil tercatat dalam sejarah sebagai orang-orang besar.

Contohnya adalah Prof Taikichiro Mori, yang menjadi orang terkaya di dunia, pada tahun 1991 dan 1992, mengalahkan Bill Gates. Siapakah Prof Mori? Sebelumnya ia adalah akademisi dan ilmuwan. Namun setelah ia pensiun, ia mengembangkan perusahaan property, hingga akhirnya memiliki 80 gedung berteknologi tinggi, di Tokyo, Jepang.

 

Atau juga Ray Kroc, yang semula adalah salesmen mesin pembuat jus, akhirnya menjadi pemilik jaringan Mac Donalds, yang di masa tuanya menemukan satu restoran kecil dengan system manajemen yang baik dan kualitas yang terjaga, yang akhirnya ia kembangkan oleh Kroc menjadi hingga ribuan cabang restoran cepat saji di seluruh dunia. Atau juga Gordon Bowker, yang menciptakan Merk Starbucks di usianya diatas 50 tahun. Bagaimana dengan anda? Bisa jadi andalah pengusaha kelas dunia selanjutnya. Siapa tahu bukan?

Untuk itulah, ESQ MPP (Training Masa Persiapan Pensiun dari ESQ) mempersiapkan Sesi Financial Quotient (Kecerdasan Finansial) dengan kustomisasi materi yang bersifat khusus untuk menangani berbagai masalah yang muncul di Masa Pensiun.

 

 

Sebagai Konsultan Pensiun Terbesar di Indonesia, kami menyelenggarakan Training ESQ Masa Persiapan Pensiun secara Teratur.

 

Materi yang diberikan adalah :

  • Meraih Kebijaksanaan Hidup (Wisdom Living)
  • Kecerdasan Finansial (Financial Quotient)
  • Manajemen Kesehatan (Healthy Session)
  • Pengembangan Wirausaha (Leverage Assets)

 

Pentingnya Persiapan Pensiun ini adalah untuk anda yang :

  • Tidak mau hidup bergantung pada anak, membutuhkan suntikan semangat untuk tetap mandiri di masa tua
  • Takut gagal dan kehilangan dana pensiun, membutuhkan ilmu dan bimbingan untuk bisa berusaha dengan modal kecil dan rendah resiko
  • Takut inflasi membuat uang tidak berarti, dan butuh strategi investasi keuangan yang jitu dan anti rugi
  • Ingin tetap kaya untuk puluhan tahun yang akan datang, hingga ke anak cucu
  • Ingin bisa berinvestasi dengan bijak dan tidak mau sedikit pun rugi seperti Warren Buffet
  • Merasa tidak berdaya dan mudah sakit dan Ingin lepas dari Belenggu Mental tersebut yang membuat anda merasa lemah
  • Meyakini bahwa seperti Pendiri IBM, KFC dan Nestle, Masa Pensiun bisa jadi Masa Sukses dan Bahagia penuh Makna

Untuk keterangan lengkap mengenai Bagaimana anda bisa mengikuti Training Publik untuk Masa Persiapan Pensiun dari Konsultan Pensiun Terbaik di Indonesia, daftar disini, untuk pendaftaran perusahaan, daftar disini, atau :

  • Hubungi kami via email : esqmpp@gmail.com

  • atau kontak kami langsung via wa atau telepon ke : 0853 5353 0775 (Tio – Manajer ESQMPP)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?