Skip to main content

Pentingnya Manajemen Keuangan sebelum Masa Persiapan Pensiun Swasta

By October 17, 2022Article
Pentingnya Manajemen Keuangan sebelum Masa Persiapan Pensiun Swasta

Masa persiapan pensiun swasta adalah pemberian jeda waktu oleh perusahaan swasta kepada para karyawan sebelum masa pensiun tiba. Tujuannya untuk memberi kesempatan agar karyawan tersebut mempersiapkan diri.

Seperti yang diketahui, tidak semua orang siap untuk menghadapi masa pensiun. Selain mental, finansial merupakan salah satu sektor yang sering terabaikan, sehingga saat masa pensiun tiba justru tidak memiliki tabungan.

Alasan Pentingnya Manajemen Keuangan sebelum MPP Swasta

Kesalahan utama ada pada kelalaian dalam penerapan manajemen keuangan sebelum masa persiapan pensiun karyawan swasta tiba. Kenapa mengatur keuangan menjadi salah satu hal yang krusial?

1. Inflasi Itu Nyata

Seiring berjalannya waktu, nilai mata uang terus mengalami penurunan. Dulu, uang 50 ribu rupiah cukup untuk kebutuhan satu minggu, tetapi kini sehari saja kurang. Hal ini seperti tidak mungkin, tetapi nyata dan sudah terjadi.

Begitu juga di masa pensiun yang akan datang, mungkin nilai tersebut sudah semakin rendah. Jika tidak melakukan manajemen keuangan sejak awal, bukan tidak mungkin masa tua yang mapan hanya tinggal cita-cita.

2. Kebutuhan Hidup Semakin Mahal

Selama perekonomian bertumbuh serta permintaan terus mengalami peningkatan, maka kenaikan harga barang dan jasa pun akan terjadi. Masa persiapan pensiun adalah kunci penting untuk mengevaluasi kondisi finansial.

Pasalnya, MMP ini terjadi kurang lebih 1 atau 2 tahun menjelang pensiun. Apabila ada kekurangan maupun kesalahan dalam manajemen keuangan, belum terlalu terlambat untuk mengubah strategi.

3. Kondisi Kesehatan Menurun

Menurut peraturan pemerintah yang terbaru, usia masa pensiun karyawan swasta adalah 58 tahun. Di angka tersebut, sebagian besar kondisi kesehatan seseorang sudah mulai menurun.

Keadaan ini berbanding terbalik dengan biaya perawatan kesehatan dan pengobatan yang semakin tinggi. Manajemen keuangan yang baik dapat mengantisipasinya, bahkan untuk kemungkinan terburuk sekalipun.

4. Menghindari Sandwich Generation

Memang sudah menjadi kewajiban anak untuk berbakti kepada orangtua, tetapi membawanya ke sandwich generation juga bukan pilihan bijak. Tentu terasa lebih tenang dan nyaman dapat menjalani hidup dengan biaya sendiri, bukan?

Itulah mengapa mengikuti pelatihan tentang masa persiapan pensiun swasta di ESQMPP menjadi hal yang sangat penting. Dengan persiapan matang, siapkan hari tua untuk hidup mapan dan tanpa beban yang dapat diantisipasi sejak dini.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?