Skip to main content

Pentingnya Mengikuti Training Persiapan Pensiun untuk Karyawan

By June 30, 2021Article

Apa pentingnya mengikuti training persiapan pensiun? Mengapa sebagai karyawan Anda perlu mengikuti pelatihan persiapan pensiun?

Masa pensiun, pada dasarnya, adalah sebuah masa yang abstrak dan sering diartikan negatif oleh banyak orang. Terutama para karyawan swasta dan pekerja lepas, membayangkan masa pensiun adalah seperti mimpi buruk di siang bolong.

Pegawai negeri sipil tentu sudah mendapat jaminan di hari tua mereka. Meskipun tidak ada yang tahu apakah jumlah pensiun dari negara mencukupi kebutuhan, setidaknya ada sejumlah dana pasti.

Lalu bagaimana jika Anda bukan pegawai negeri sipil? Dari mana Anda akan mendapatkan tunjangan di hari tua? Apa yang harus Anda lakukan?

Di bawah ini, kami akan menjabarkan beberapa hal penting dalam menyambut masa pensiun. Selain itu, Anda perlu tahu banyak keuntungan yang diberikan dengan mengikuti program pelatihan persiapan pensiun.

Pelatihan persiapan pensiun dan stigma negatif

Pensiun seringkali dianggap sebagai masa “kegelapan”, di mana pelakunya sudah tidak berdaya. Oleh karena itu, banyak sekali orang yang menganggap bahwa hidupnya akan susah ketika usia mereka tidak lagi produktif.

Padahal masa pensiun adalah masa di mana Anda bisa memulai kehidupan baru. Anda adalah bos dan pemilik kehidupan Anda secara penuh. Selain itu, Anda dapat menghabiskan lebih banyak waktu dengan keluarga.

Namun sayangnya, karyawan seringkali tidak mendapatkan bekal yang pantas untuk menyambut hari pensiun. Maka dari itu, penting diketahui oleh HRD dan karyawan bahwa mengikuti training persiapan pensiun adalah krusial.

Manfaat pelatihan persiapan pensiun

1. Menyadari pentingnya kesehatan

Kesehatan selalu menjadi hal yang paling penting. Hal yang berkaitan erat dengan kesehatan adalah gaya hidup.

Penting untuk menyadari bahwa gaya hidup harus banyak menyesuaikan ketika memasuki masa pensiun. Ketika mulai meninggalkan batas usia produktif, orang-orang akan memiliki kekhawatiran sendiri.

Mengikuti pelatihan persiapan pensiun membuat karyawan lebih siap dan tetap realistis tanpa kekhawatiran berlebih menghadapi masa pensiun.

2. Mengubah mindset

Training ini juga membuat karyawan memiliki pola pikir yang tepat dalam menjalani masa pensiun. Karyawan akan menjadi lebih mandiri dan menyadari bahwa hidupnya memiliki purpose.

Jikalau Anda berniat membuka bisnis purna usia produktif, pelatihan ini akan memberikan materi yang akan sangat berguna. Materi tersebut akan membantu memotivasi pola pikir dan mental untuk memulai usaha dari nol

3. Merencanakan keuangan

Melek finansial adalah hal yang penting, apalagi dalam menyambut masa pensiun. Tanpa perencanaan yang baik dan matang, mustahil untuk mencapai kondisi keuangan yang stabil di masa tua.

Pensiun membuat Anda memiliki pemasukan yang terbatas, apalagi ketika belum ada sumber pemasukan lain. Sebelum usia produktif tersebut habis, mengikuti pelatihan ini akan membantu Anda merencanakan keuangan dengan lebih baik.

4. Kecerdasan emosional

Apa pentingnya mengasah kecerdasan emosional? Kecerdasan emosional yang baik membuat Anda tetap percaya diri dan bermental baja.

Hal ini sangat berkaitan dengan pola pikir seseorang, terutama dalam memandang pensiun. Ketika Anda memiliki kecerdasan emosional yang tinggi, menjadikan masa pensiun sebagai peluang bukanlah hal yang sulit.

Maka dari itu, mengikuti pelatihan mempersiapkan hari pensiun adalah kegiatan yang manfaat.

Kesimpulan

Lebih dari apapun, pelatihan semacam ini akan membawa banyak dampak positif dalam kehidupan Anda. Pensiun lebih dari hal yang menyangkut finansial saja. Menyambut masa pensiun akan menjadi lebih menyenangkan ketika Anda telah tuntas mengikuti training persiapan pensiun.

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?