Skip to main content

Pentingnya Peran Konsultan Pensiun untuk Membantu Menikmati Masa Masa Pensiun

By July 28, 2021Article

Sebelum membahas mengenai training untuk masa pensiun, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu training. Training merupakan proses mengajar atau memberikan pelatihan terhadap karyawan ataupun yang lain, untuk menghindari semaksimal mungkin kesalahan – kesalahan dimasa yang akan datang. Di dalam dunia pekerjaan pasti akan merasakan pensiun, oleh karena itu mengapa perlu diadakannya training untuk pegawai persiapan masa pensiun. Dikarenakan masa pensiun perlu membutuhkan kesiapan psikologis, perencanaan keuangan yang cermat, dan pilih aktivitas untuk tetap menjaga kesehatan.

Tujuan dan manfaat dengan adanya program training untuk pegawai persiapan masa pensiun yaitu untuk mendapatkan ilmu atau pengetahuan baru yang tadinya anda tidak tahu apa – apa yang akan dilakukan ketika memasuki masa pensiun, mendapatkan pengalaman menarik yang membuat anda menjadi bahagia dan tidak bisa untuk dilupakan. Sementara untuk tujuan itu sendiri, agar anda dapat memahami mengapa bisa terjadi stress dan cara untuk mengatasinya, serta mendapatkan motivasi agar hidup anda lebih bermakna.

Dengan adanya training untuk pegawai persiapan masa pensiun, anda sudah memiliki fisik dan mental yang kuat dalam menghadapi pensiun nantinya. Sehingga anda tidak merasa tertekan untuk menghadapi masa pensiun. Yang terpenting anda sudah mempunyai bekal, apa yang akan anda lakukan ketika anda sudah memasuki masa pensiun. Contohnya seperti :

  • Melakukan persiapan pensiun, yang dapat dipersiapkan seperti finansial agar kebutuhan tetap terpenuhi. Macam – macam finansial berupa tabungan, asuransi, asset, investasi dll. Selanjutnya kesiapan mental dalam menghadapi kenyataan yang tadinya karyawan, akan mengalami perubahan menjadi pensiunan. Dan kesiapan jasmani, pentingnya kesiapan jasmani dikarenakan faktor usia yang sudah tidak muda lagi.
  • Peluang bisnis di masa pensiun, anda sudah memikirkan peluang bisnis seperti apa yang akan menemani masa pensiun anda. Yang pasti anda tidak merasa tertekan untuk melakukan bisnis tersebut.
  • Melakukan usaha bisnis online, dengan itu anda tetap memiliki penghasilan tambahan. 
  • Dapat menggali atau memahami potensi pada diri anda.

Cara menjaga kesehatan ketika melakukan training 

Kekhawatiran kesehatan, pada saat masih memasuki masa produktif jika anda sakit sedikit pasti dibawa ke dokter, klinik atau rumah sakit  dan dibayar dengan adanya asuransi. Akan tetapi jika anda sakit dan sudah memasuki masa pensiun maka siapa yang akan menanggung, bisa saja anda menggunakan BPJS akan tetapi itu tidak mudah dan membutuhkan proses yang cukup lama. Masih ada beberapa waktu sebelum pensiun datang anda dapat mempersiapkan diri. Dan anda harus bisa menjaga kegiatan, aktivitas, makanan dan pikiran, agar tubuh anda tetap sehat dan bugar.

Berikut cara untuk menjaga kesehatan:

  • Melakukan olahraga seperti yoga, dengan itu tubuh anda akan merasa lebih rileks dan anda dapat berpikir positif untuk kedepannya.
  • Membiasakan diri dengan masa pensiun, sebelum akan melakukan pensiun yang sebenarnya, anda dapat membiasakan diri dengan kehidupan dimasa pensiun. Caranya anda dapat menanyakan ke seseorang yang sudah mengalami masa pensiun, kehidupan seperti apa yang ia jalankan.
  • Melakukan hobi yang anda sukai, dengan itu maka pikiran dan tubuh anda akan bergerak lebih aktif. Jika tubuh anda bergerak lebih aktif,racun atau radikal bebas yang terdapat dalam tubuh anda akan dikeluarkan.
  • Latihan pernafasan, dengan melakukanya selama 15 menit akan membantu aliran darah di tubuh anda tetap lancar.

Adanya program training untuk pegawai persiapan masa pensiun, membuat anda merasakan lebih bahagia dan tidak terkejut ketika akan memasuki masa pensiun. Sehingga dapat menjalankan hidup sehat dan meniti karir kedua setelah pensiun. Seperti melakukan kesenangan di usia senja atau menjadi pengusaha dan melakukan investasi. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?