Skip to main content

Peran HRD dalam Memberikan Training Untuk Pegawai Persiapan Masa Pensiun

By November 10, 2021Article

Di perusahaan, Human Resource Department (HRD) memiliki peranan penting dalam mengurus maupun mengatur segala hal mengenai karyawan sesuai bagian pekerjaannya. Hal ini juga yang HRD lakukan ketika menyewa jasa layanan ESQ MPP dalam program training untuk pegawai persiapan masa pensiun. Namun, tahukah Anda mengenai apa saja peranan penting HRD di perusahaan dalam memberikan pelatihan karyawan yang memasuki masa pensiun tersebut?

Apa saja faktor – faktor yang mempengaruhi masa pensiun karyawan?

Sebelum membahas peranan HRD terkait training untuk pegawai persiapan masa pensiun, ada baiknya Anda mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi pensiun. Nah, salah satu faktor yang umumnya mempengaruhi masa pensiun seorang karyawan ini yakni lantaran faktor keuangan. Dalam hal ini, banyak karyawan yang lebih memilih untuk mengajukan pensiun dini untuk mempersiapkan kondisi keuangan di masa depan. 

Kondisi ini justru berbanding terbalik bagi orang – orang yang belum mempersiapkan tabungan di masa tua. Tentu saja, orang – orang tersebut akan menolak ketika perusahaan menawari pensiun dini karena belum terpenuhinya tabungan di masa tua. Nah, faktor inilah yang menjadikan seseorang akhirnya mempertimbangkan untuk memilih pensiun lebih dini atau justru sebaliknya.

Selain karena faktor keuangan, karyawan yang pensiun biasanya juga dipengaruhi oleh faktor kesehatan jasmani dan rohani. Sebagai contoh ketika Anda mendapati teman di perusahaan yang mengalami riwayat penyakit tertentu, sehingga mengharuskan untuk berhenti bekerja sejak awal. Kondisi inilah yang umum terjadi sebagai faktor yang paling umum mempengaruhi orang – orang memilih pensiun sejak dini. 

Berbagai peran HRD dalam program training persiapan masa pensiun

Secara umum, peranan HRD dalam mempersiapkan masa pensiun karyawan dapat terlihat dari bagaimana mereka memberikan jasa layanan yang tepat. Seperti menyewa jasa layanan di website http://esqmpp.com/ yang menawarkan berbagai program pelatihan terbaik bagi karyawan yang telah memasuki masa pensiun. Terlepas dari hal tersebut, HRD juga perlu menyampaikan beberapa hal kepada karyawan dalam pelatihan tersebut, antara lain sebagai berikut :

  • Memberikan informasi mengenai sumber pemasukan saat karyawan pensiun

Dalam training untuk pegawai persiapan masa pensiun, HRD perlu untuk memberikan informasi sumber pemasukan yang karyawan dapatkan setelah tidak bekerja. Secara umum, pemasukan ini bisa Anda dapatkan dengan cara menabung, berinvestasi atau penanaman modal tertentu. 

  • Memberikan informasi mengenai biaya pengeluaran saat karyawan pensiun

Selain sumber pemasukan, HRD juga perlu memberikan informasi mengenai biaya pengeluaran ketika memasuki masa pensiun. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya lonjakan kebutuhan di masa pensiun nantinya. Dengan begitu, maka karyawan dapat mengatur biaya pengeluaran dengan baik.

  • Memberi penjelasan mengenai dana hari tua di masa pensiun

Mengingat dana hari tua setiap orang berbeda – beda, maka HRD penting menjelaskan mengenai berapa dana hari tua yang karyawan butuhkan. Untuk dana hari tua ini, berbeda bagi karyawan yang masih memiliki tanggungan anak bersekolah, kuliah maupun cucu. Sehingga, perlu adanya investasi tambahan agar pemasukan di masa depan terus mengalir.

  • Memberikan arahan perencanaan dana hari tua

Hal yang tak kalah penting untuk HRD lakukan yakni memberikan arahan kepada karyawan mengenai perencanaan dana hari tua. Dengan membuat perencanaan yang terstruktur, maka investasi dapat Anda lakukan dengan baik di masa tua nanti. 

  • Memberikan informasi mengenai investasi yang tepat

Selanjutnya, HRD dalam kaitannya dengan pelatihan pensiun pegawai perusahaan juga bisa memberikan informasi mengenai pilihan investasi yang tepat. Sehingga, karyawan nantinya dapat mendapatkan penghasilan tambahan meskipun tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?