Skip to main content

Perlukah Konsultan saat Mempersiapkan Masa Pensiun?

By October 17, 2022Article
Perlukah Konsultan saat Mempersiapkan Masa Pensiun

Ketika seseorang berhenti kerja, terutama karena pensiun, maka harus memiliki persiapan matang. Dalam hal ini, ada baiknya mempersiapkan masa purna bakti tersebut bersama konsultan pensiun.

Pasalnya, akan ada banyak perubahan yang terjadi. Di antaranya adalah terhentinya penghasilan. Konsultan ini adalah pendamping dan pembimbing dalam menyusun rencana dan strategi agar nantinya tidak mengalami kesulitan saat tidak bekerja lagi.

Hal yang Membuat Keberadaan Konsultan Penting

Umumnya, jika tidak mempersiapkan masa pensiun dengan baik, akan muncul berbagai masalah. Berikut ini adalah beberapa hal negatif yang sering terjadi pada pensiunan.

1.   Menjadi Terguncang

Saat menjadi karyawan, bisa jadi seseorang sangat sibuk. Bahkan, tidak sedikit yang menghabiskan sebagian besar waktu untuk bekerja. Akhirnya, saat pensiun akan mengalami guncangan, akibat tiba-tiba menganggur.

Konsultan pensiun adalah pihak yang bisa membantu mempersiapkan masa tersebut. Melalui pelatihan, orang yang menjelang masa purna bakti akan mendapat pendampingan agar tetap bisa aktif saat itu.

Dengan demikian, pensiunan tetap bisa menunjukkan aktualisasi diri dan terhindar dari rasa tidak berguna. Peserta pelatihan pun akan mendapat arahan jenis kegiatan yang sesuai. Contohnya, aktif di organisasi, komunitas, dan sebagainya.

2.   Kesehatan Terganggu

Stres saat menghadapi pensiun juga bisa membuat kesehatan terganggu, bahkan hingga mengalami depresi. Untuk mengatasi hal ini, dibuatlah modul pelatihan yang memberikan edukasi pentingnya menjaga tubuh tetap bugar agar pikiran sehat.

3.   Kondisi Keuangan Mengalami Guncangan

Berakhirnya masa kerja, terutama bagi karyawan swasta, berarti terhentinya pemasukan. Tanpa persiapan matang, hal ini bisa berakibat kondisi finansial menjadi morat-marit.

Namun, konsultan keuangan pensiun bisa membantu mempersiapkan hal ini. Melalui pendampingan dalam mengidentifikasi kesehatan finansial, hingga membuat rencana detail terkait investasi maupun rencana bisnis.

Pelatihan dibuat unik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing peserta, sehingga lebih tepat sasaran. Contohnya seperti yang ada pada http://esqmpp.com, penyedia training masa persiapan pensiun terpercaya.

Konsultan dana pensiun pada pelatihan ini perlu ada untuk memberikan solusi dan strategi agar pensiunan tetap mendapat penghasilan dan tidak mengalami kesulitan keuangan hingga harus tergantung pada orang lain.

Melihat berbagai kondisi di atas, tampak bahwa keberadaan konsultan pensiun sangat perlu. Jadi, segera hubungi ESQMPP untuk mempersiapkan masa pensiun yang lebih tenang dan tetap produktif.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?