Skip to main content

Persiapan Dana Pensiun – Apa Saja yang Bisa Dilakukan?

By July 1, 2021Article

Bicara mengenai persiapan dana pensiun, tentunya ada banyak hal yang bisa Anda persiapkan. Selain itu, dana pensiun memiliki banyak sekali kelebihan.

Anda tentu tidak ingin memikirkan masalah finansial ketika sudah tidak bekerja, kan? Hal ini mungkin bukan suatu masalah untuk pegawai negeri sipil. Namun jika saat ini Anda adalah karyawan swasta atau pekerja lepas, merencanakan dana hari tua adalah satu hal krusial.

Membuat Dana Pensiun

Tabungan khusus

Saat ini, Anda bisa mempersiapkan sedini mungkin untuk tabungan di hari tua. Jika tidak ingin terusik dengan pengeluaran bulanan, Anda bisa membuat tabungan khusus untuk menyisihkan dana pensiun.

Namun jika Anda berpikir untuk menabung seperti pada umumnya, mungkin Anda perlu berpikir ulang. Musuh tabungan adalah bunga, sedangkan musuh keuangan adalah inflasi.

Dalam satu tahun, Anda dikenakan bunga tabungan sebesar 4 persen dan inflasi di Indonesia rata-rata mencapai 6 persen. Lalu, apa solusinya?

Anda dapat berkonsultasi dengan pakar keuangan. Cara yang paling ringkas untuk persiapan dana pensiun adalah dengan pergi ke bank dan membuka tabungan pensiun. Tabungan pensiun biasanya tidak dikenakan potongan bulanan.

  • Daftar DPLK

DPLK adalah singkatan dari Dana Pensiun Lembaga Keuangan. Jika Anda bekerja di kantor swasta, perusahaan menawarkan fasilitas ini untuk dimanfaatkan.

Seperti namanya, DPLK digunakan untuk menjamin keuangan Anda ketika sudah tidak bekerja lagi. Tabungan ini diselenggarakan oleh bank atau perusahaan asuransi jiwa. Namun ada beberapa hal yang perlu Anda tahu tentang DPLK.

Dana yang sudah Anda persiapkan di DPLK hanya bisa diambil 20 persen dan sisanya akan diberikan dalam bentuk gaji bulanan. Peserta DPLK baru akan diberitahu jumlah “gaji bulanan” tersebut tiga bulan sebelum gaji pertama dibayarkan.

Akankah jumlah dana pensiun dari DPLK cukup? Tidak ada yang tahu. Akan lebih baik jika Anda tidak hanya mengandalkan DPLK sebagai satu-satunya sumber dana pensiun Anda nanti.

  • Investasi

Investasi tampak seperti satu-satunya hal yang bisa Anda lakukan untuk mempersiapkan kenyamanan finansial di hari tua. Namun bagaimana dengan proteksi? Padahal proteksi dalam investasi adalah hal yang sangat penting.

Jenis investasi yang paling aman adalah deposito berjangka. Jika Anda memiliki jumlah uang yang lumayan, ada baiknya untuk disimpan dalam bentuk deposito. Perlu diingat bahwa dana pensiun bukanlah jumlah uang yang dapat dipermainkan.

Menggunakannya untuk berinvestasi saham dengan resiko yang tinggi bukanlah keputusan yang bijak. Pastikan investasi yang Anda pilih memiliki peluang keuntungan dan “keamanan” yang baik.

Selain investasi, Anda perlu memproteksi diri. Membeli produk asuransi, misalnya, adalah hal wajib. Sebagai manusia yang masih hidup, ada banyak resiko yang harus dihadapi, seperti sakit, cacat, hingga meninggal dunia.

Sebelum memikirkan menerima dana pensiun, jangan ragu untuk melindungi diri dengan produk asuransi yang tepat. Selain melindungi diri sendiri, asuransi membuat hidup keluarga lebih tenang.

Kesimpulan

Mempersiapkan pensiun adalah satu dari beberapa hal krusial dalam hidup. Pensiun juga merupakan bagian dari masa depan yang paling realistis, apalagi ketika Anda adalah pengusaha, karyawan swasta, atau pekerja yang tidak dijamin pemerintah.

Pakar setuju bahwa mempersiapkan dana pensiun sejak dini adalah penting. Bahkan bukti yang ada menunjukkan bahwa sesedikit apapun dana yang disisihkan, jika dilakukan sedini mungkin, akan memberikan hasil yang mengejutkan ketika dana tersebut dibutuhkan.

Ada baiknya jika anda melakukan persiapan dana pensiun sendiri, tanpa menunggu inisiasi dari pemerintah.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?