Skip to main content

Persiapan Sebelum Pensiun, Jangan Lupakan Mental dan Keuangan di Masa Pensiun!

By August 15, 2021Article

Sebentar lagi masuk masa pensiun Ada baiknya jika Anda melakukan beberapa persiapan sebelum pensiun. Tapi yang paling penting, dan yang umumnya orang abaikan adalah kondisi diri sendiri dan juga kondisi keuangan, ketika memasuki masa pensiun.

Persiapkan diri sendiri

Hal yang orang lain abai pertama adalah masalah diri sendiri. Banyak sekali orang yang merasa, terutama Anda yang terbisa mempunyai jabatan, dan ketika masuk masa pensiun akan mengalami Post Power Syndrome, atau sindrom pasca kekuasaan. Dimana umumnya gejala yang akan diberikan adalah, cenderung dibayangi masa lalu, ketika orang tersebut berada di puncak karirnya. Kondisi seperti ini yang umumnya membuat seseorang jadi tidak percaya diri, dan merasa dirinya sudah tidak dibutuhkan lagi.

Walaupun terlihat sepele, namun kondisi seperti ini, mampu membuat kondisi kejiwaan seseorang jadi turun. Tentunya hal tersebut tidak baik untuk kesehatan orang yang akan memasuki masa pensiun.

Sebagai gantinya, sebaiknya jaga emosi diri sendiri dengan baik. Jangan terlalu berpikir negatif, usahakan agar selalu berpikir gembira dan berpikir positif. Tentunya hal tersebut dilakukan agar diri sendiri mampu menerima kondisi yang ada, dan mampu menerimanya dengan baik.

Adapun persiapan sebelum pensiun seperti ini biasanya tidak terlalu berpengaruh pada mereka atau ada orang orang yang mempunyai jabatan biasa saja. Sedikit tips untuk Anda yang mempunyai hobi, tidak ada salahnya jika kembali menekuni hobi  tersebut untuk mengisi waktu luang yang ada. Siapa tahu, kelak hobi tersebut akan memberikan keuntungan lebih untuk anda.

Persiapkan keuangan Anda dan keluarga

Hal berikutnya yang juga jarang orang lakukan adalah, mempersiapkan keuangan sebelum memasuki masa pensiun. Ini adalah hal penting yang harus diperhatikan. Agar kehidupan Anda setelah bekerja, dan memasuki masa pensiun, jadi terasa nyaman. Beberapa hal perlu diperhatikan:

  • Persiapkan sebuah aset yang Anda miliki. Cari tahu, semua aset yang dimiliki, kemudian cari yang berharga. Umumnya aset yang dimaksud adalah tanah dan rumah. Walau harga yang tertera saat i tidak terlalu tinggi, pastikan nilai aset tersebut di masa yang akan datang jadi naik. Hal ini dilakukan untuk  menjaga keuangan Anda ketika pensiun tiba.
  • Jangan lupakan untuk menabung, Anda dapat menyisihkan sekitar 10 hingga 15% dari total pendapatan Anda, selama per bulan. Tentunya hal ini dilakukan, untuk menunjang keberlangsungan hidup Anda, ketika masuk masa pensiun kelak.
  • Cari tahu  jenis investasi yang tepat, untuk orang yang akan masuk masa pensiun, dan ketika pensiun. Adapun jenis investasi yang banyak digunakan adalah, jenis investasi jangka panjang, seperti investasi saham, investasi Reksadana, investasi koin, dan yang lainnya. Ketika memilih jenis investasi pilih yang sudah dilindungi oleh pihak OJK.
  • Selain investasi, Anda juga dapat memilih salah satu jenis bisnis yang dianggap tepat. Salah satu jenis bisnis yang pas untuk Anda, yang akan masuk masa pensiun adalah bisnis rumah kost atau kontrakan. Dimana Anda tidak akan kerepotan untuk mengurus bisnis tersebut. Namun juga memperoleh keuntungan secara rutin per bulannya.
  • Mengikuti asuransi, juga perlu Anda pertimbangkan. Ada beberapa jenis asuransi yang pas untuk Anda yang akan memasuki masa pensiun. Anda dapat mengikuti jenis asuransi tersebut.

Satu hal yang perlu Anda perhatikan, ketika akan menyusun sistem keuangan tersebut, adalah, pastikan untuk melibatkan pasangan, dalam persiapan sebelum pensiun, dan memutuskan hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan setelah pensiun tersebut. Agar Anda dan keluarga dapat menikmatinya dengan baik.     

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?