PHK Massal Mengintai, Sudah Siapkah Anda?

By February 24, 2020July 6th, 2020Pensiun Bahagia dan Bermakna
PHK Massal Mengintai, Sudah Siapkah Anda

PHK Massal Mengintai, Sudah Siapkah Anda? – Pemutusan hubungan kerja alias PHK sudah tak asing lagi mengerikannya di telinga kita. Jika dulu PHK massal ramai dilakukan pada masa Orde Baru, kini PHK massal juga sudah mulai ramai dilakukan oleh berbagai perusahaan.

Pemutusan hubungan kerja saat ini bukan lagi semata-mata karena adanya krisis moneter, tapi juga perkembangan zaman. Di era modern ini, teknologi sudah mulai banyak menggantikan manusia. Otomatisasi sudah banyak dilakukan. Artinya, pekerjaan sudah bisa dilakukan oleh sebuah robot atau komputer.

Otomatisasi inilah yang menciptakan adanya efisiensi atau pemangkasan ongkos kerja. Jika sudah begini, pekerjaan yang biasany dilakukan manual oleh manusia sudah bisa dilakukan sebaliknya.

Pemutusan hubungan kerja oleh Perusahaan Raksasa

Dikutip Detikcom (23 Feb 2020), beberapa perusahaan raksasa asal Indonesia sudah melakukan banyak PHK massal dengn berbagai alasan. Misalnya saja Indosat yang per tanggal 14 Februari 2020 sudah melakukan PHK massal sebanyak 677 karyawannya.

Kemudian perusahaan e-commerce Bukalapak juga demikian. Walau sudah menjadi unicorn, Bukalapak sudah melakukan PHK massal sebanyak 2.500 karyawannya. Terakhir adalah Krakatau Steel yang sudah melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 1.300 karyawannya demi restrukturisasi.

Berkaitan dengan hal ini, NET TV mengaku memang tengah melakukan upaya efisiensi tapi bukan dengan cara PHK atau sepihak. Namun Chief Operating Officer PT Net Mediatama Azuan Syahril mengatakan bahwa pihaknya telah menawarkan resign secara sukarela dan akan memberikan benefit kepada mereka yang bersedia.

Bagaimana Menghadapinya?

Cari pendapatan pasif
Cari investasi yang sedang ramai
Berhemat
Tetap terkoneksi dengan lowongan pekerjaan
Ikuti training persiapan pensiun

Sumber: https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4910464/daftar-perusahaan-kelas-kakap-
yang-mulai-lakukan-phk/2

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

PHK Massal Mengintai, Sudah Siapkah Anda?

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?