Skip to main content

Program Persiapan Pensiun

By July 6, 2021Article

Masa pensiun ialah masa yang dengan secara alamiah akan dihadapi oleh semua tenaga kerja. Sayangnya masih banyak stigma negatif terhadap masa pensiun tersebut yang sering diidentikkan dengan pendapatan yang berkurang dan juga perasaan terbuang dan disisihkan merasa tak terpakai lagi dan berbagai stigma serta perasaan buruk lainnya. Padahal masa pensiun itu adalah masa istirahat yang harus dinikmati dengan bahagia dan tenang serta nyaman. Inilah pentingnya diadakannya program persiapan Pensiun itu, yakni agar para pekerja bisa lebih siap saat mulai memasuki masa pensiunnya dan terhindarkan dari berbagai dampak negatifnya yang bisa timbul akibat kurang ya kesadaran dan persiapan memasuki masa pensiun.

1. Aneka Kegiatan Saat Pensiun

Masa pensiun bukan berarti bencana atau kiamat. Masih banyak terdapat kegiatan yang bisa dilakukan oleh para pensiunan sambil mengisi waktu luang. Berikut beberapa diantaranya.

2. Membuka Bisnis Usaha Sendiri

Pensiunan bisa memilih menekuni bidang usaha sesuai hobi masing-masing guna mengisi waktu luang saat pensiun. Contohnya seperti menekuni bisnis usaha lukis kain atau usaha kontrakan rumah atau kos-kosan  atau usaha jual beli online atau usaha katering atau membuka restoran atau jual beli mobil dan lain sebagainya.

3. Menekuni Investasi

Pensiunan juga bisa lebih fokus dan mencurahkan waktunya untuk melalukan berbagai pengelolaan investasinya  baik itu di pasar saham atau pasar komoditi atau trading forex dan lain sebagainya suatu bidang pekerjaan yang tak kenal batas usia.

4. Beternak dan Bertani atau Berkebun

Bagi yang hobinya merawat tanaman maka bisa juga melakukan usaha bisnis di bidang perkebunan dan pertanian atau bisa juga beternak dan lain sebagainya.

5. Program Persiapan Masa Pensiun

Guna menjalani masa transisi dari aktif sebagai pegawai kantor lalu menjadi pekerja mandiri yang membuka usaha sendiri tentunya perlu persiapan. Oleh karenanya maka kepada para pekerja yang akan segera mulai memasuki masa pensiun, yakni dalam kisaran jangka waktu sekitar satu tahun jelang masa pensiun sebaiknya segera mengambil atau mendapat training MPP (Masa Persiapan Pensiun). Program Pelatihan MPP bisa beragam pilihannya, yakni antara lain bisa berupa sebagai berikut.

6. Pelatihan Kewirausahaan

Guna membekali para calon pensiunan agar bisa mandiri dan mengubah cara serta pola pikirnya dari seorang pegawai lalu mampu menjadi seorang pengusaha atau berpikir entrepreneur selayaknya sebagai pelaku dan pemilik bisnis usaha yang lalu bahkan akan merekrut pekerja atau tenaga kerja sendiri juga. Oleh karenanya perlu mendapat pembekalan tentang cara manajemen mengelola usaha bisnis yang baik dan efektif efisien serta optimal. Sehingga pada masa pensiun tersebut justru bisa lebih produktif dan tak menutup kemungkinan bahwa justru akan lebih bisa mendapatkan hasil dan pemasukan yang lebih banyak. Pegawai yang akan pensiun perlu dibantu agar bisa melewati masa transisi tersebut dengan mulus dan baik tanpa kendala.

7. Pelatihan Bertani dan  Berternak

Sesuai dengan hobinya maka pekerja calon pensiunan juga bisa mengambil jenis pelatihan di bidang ini.

8. Latihan Investasi dan Pengelolaan Anggaran Keuangan 

Selain itu bisa juga memilih jenis pelatihan ini sehingga uang pensiun bisa dikelola dengan baik dan bahkan bisa semakin berkembang.

Batas usia pensiun normal ialah mulai dari umur 55 tahun hingga maksimal 60 tahun. Segera persiapan diri setahun sebelumnya sebaiknya sudah mengambil program masa persiapan pensiun ini agar tidak mengalami yang namanya post power syndrom.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?