Skip to main content

Rahasia Panjang Umur dari Masyarakat Spanyol

By January 2, 2017August 20th, 2020Kisah Inspiratif
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Di Masa Persiapan Pensiun, tentunya semua orang ingin hidup Bahagia, Sejahtera, Penuh makna, dan Panjang Umur! Kira-kira apa ya rahasianya? Berikut ini bisa kita simak penuturan dari para lansia di Spanyol, yang berusia lebih dari 100 tahun, seperti dilansir oleh Reuteurs berikut ini :

 

Menurut data statistik The Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD), terdapat lebih dari 100 ribu orang berusia 100 tahun atau lebih di Spanyol. Padahal, usia harapan hidup di Spanyol 83,2 tahun, sedikit lebih rendah dibanding usia harapan hidup di Jepang yakni 83,4 tahun.

Apa Rahasia Panjang Umur ala Masyarakat Spanyol?

 

1. Konsumsi satu sendok madu tiap hari

 

Wanita bernama Rafaela Pons yang berasal dari pulau Balearic ini usianya 102 tahun. Selama ini, Pons hidup seorang diri tapi putrinya masih rutin mengunjungi dia.

Wanita yang jadi pendukung setia klub sepak bola Real Madrid ini mengklaim konsumsi satu sendok madu per hari jadi resep panjang umurnya.

 

2. Main piano

 

Main piano bisa jadi kegiatan yang mengasyikkan untuk beberapa orang. Nah, pria bernama Pedro Rodriguez salah satunya. Bahkan, pria yang kini berusia 106 tahun itu menyebut hobinya main pianolah yang membantunya panjang umur.

Setiap hari, Pedro rutin bermain piano di ruang tamu flat-nya yang ia tempati dengan istrinya yang usianya 20 tahun lebih muda. Sehari-hari, anak-anak Pedro juga sering mengunjunginya.

“Hobi saya ini jadi sesuatu yang membuat saya merasa tetap muda dan sehat. Saat kecil, saya diajari bermain piano oleh para biarawati,” tutur Pedro.

 

3. Makan Sup Tomat dan Timun (Gazpacho)

 

Maria Josefa Guillen adalah nenek 103 tahun yang tinggal di Cazalla de la Sierra, Seville, Spanyol Selatan. Sehari-hari, Maria tinggal dengan anaknya yang menyandang disabilitas.

Agar tetap bugar di usianya yang seabad lebih, Maria mengatakan makan gazpacho jadi salah satu rahasianya. Gazpacho merupakan sup tradisional Spanyol yang dibuat dari tomat dan timun. Nutrisi yang terkandung dalam gazpacho diyakini Maria ampuh membuatnya tetap bugar.

Meskipun, untuk berjalan Maria harus menggunakan tongkat guna membantunya. Saat ini, Maria bekerja sebagai penjahit. Bahkan, ia sudah mulai belajar menjahit sejak usia 12 tahun.

 

4. Baca buku dan tunjukkan performa

 

Usia Maximino San Miguel 102 tahun. Pria yang tinggal di Leon ini aktif mengikuti pertunjukan drama amatir sejak berusia 80 tahun. Tapi, menurut Miguel hal itulah yang membuatnya tetap awet muda dan sehat.

“Saya tidak sekolah karena dulu saya jadi anak gembala. Saya juga suka membaca buku. Nah, hobi saya membaca serta mementaskan drama itulah yang membuat saya tetap sehat,” katanya.

 

5. Percaya pada diri sendiri

 

Lucia Manzano (100) tinggal di rumah jompo di Avila, dekat Madrid. Ia mengisahkan, dirinya pernah menggunakan kostum warna-warni ketika pihak berwenang mendatangi desanya. Kostum itu ia gunakan sebagai bentuk ejekan terhadap kediktatoran Francisco Franco kala itu.

“Setelah melewati itu semua, saya percaya bahwa kekuatan kita, kepercayaan kita pada diri sendiri adalah sebuah keyakinan yang bisa membuat kita tetap hidup. Hal penting dalam hidup ini adalah tetap setia pada diri sendiri,” tuturnya.

Ya, walaupun saat ini Lucia haris menggunakan kursi roda untuk mobilisasinya, tapi kondisi kesehatannya cukup bugar.

 

Bagaimana, tidak sulit bukan? Anda pun bisa melakukannya. Selain itu, kita juga harus teratur berolahraga, dan menjaga asupan makanan dan menghindari rokok dan polusi. Agar Masa Persiapan Pensiun menjadi penuh kebahagiaan. Untuk mendapatkan informasi yang komprehensif, lengkap, terpercaya, terbukti efektif dan penuh solusi cerdas, hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau telepon ke 021 -2940 -6969 ext. 174.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?