Resep Masa Pensiun Sehat dan Awet Muda yang Jarang Disadari Banyak Orang

masa persiapan pensiun, training pensiun, konsultan pensiun, pensiun sehat, pensiun bermakna, aktivitas pensiun, keuangan pensiun, ary ginanjar agustian, training esq, esqmpp

Salah satu bentuk investasi yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan waktu purnabakti adalah melakukan pola hidup yang seimbang. Tujuannya tentu saja agar Anda bisa mendapatkan masa pensiun sehat di masa depan nanti.

 

Kondisi tubuh yang fit bisa bantu Anda untuk hidup lebih produktif, bahagia, dan sejahtera. Anda jadi leluasa untuk menjalankan hobi atau bisnis di masa pensiun nanti. Sahabat ESQ pun jadi lebih bisa banyak meluangkan waktu berkualitas bersama keluarga tercinta.

 

Bicara tentang masa pensiun sehat, banyak yang berpikir kalau melakukan olahraga teratur, rajin mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang, dan cukup istirahat sudah bisa membuat Anda bahagia di waktu purnabakti.

 

Namun, tahukah Anda masih ada hal yang seringkali disepelekan oleh orang yang ingin dapatkan masa pensiun sehat. Jarang yang menyadari pentingnya faktor satu ini. Apakah itu?

 

Pentingnya Peran Kelompok Sosial

 

Jawabannya adalah keaktifan untuk bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Faktor satu ini ternyata berperan penting lho untuk kesehatan kita di masa pensiun nanti.

 

Kenapa ya kira-kira?

 

Ternyata aktif bersosialisasi dapat bantu seorang pensiunan jadi lebih sehat secara fisik dan mental. Mereka akan sering terlibat dalam kegiatan kelompok sehingga kondisi kesepian atau linglung karena minim aktivitas akan jauh dari diri mereka.

 

Menurut studi yang dilakukan oleh University of Queensland, Australia, orang tua yang tak punya kelompok untuk bersosialisasi justru memiliki kualitas hidup yang lebih buruk.

 

“Kelompok sosial memberi Anda sebuah rasa identitas diri. Mereka bisa memberikan rasa memiliki, makna, dan tujuan hidup,” ujar pimpinan dari penelitian tersebut seperti yang dikutip dari Reuters.

 

Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kesehatan mereka. Hubungan sosialisasi yang lemah dapat meningkatkan risiko inflamasi atau radang di usia lanjut. Inilah yang seringkali jadi penyebab munculnya Hipertensi atau Diabetes mellitus muncul ketika masa pensiun tiba.

 

Yuk, mulai tingkatkan hubungan kita dengan kelompok sosial dari sekarang.

 

Persiapkan diri untuk dapatkan masa pensiun yang lebih sehat, sejahtera, bahagia, dan bermakna dengan ikuti training masa persiapan pensiun bersama ESQ MPP.

 

Untuk mengikuti Tips Berguna lainnya dari ESQMPP, klik halaman inspirasi

 

Untuk Mendaftar di Training Publik klik disini.

Untuk Mendaftarkan Perusahaan Anda di Training Pensiun ESQ, klik disini.

Informasi : 085353530775 (Tio, manager ESQMPP)
Email : esqmpp@gmail.com

Dapatkan E-book Gratis "PENSIUN SUKSES" dari Team ESQMPP

Daftar sekarang dan temukan Ide dan Inspirasi Cara Halal dan Mudah untuk Pensiun Damai dan Sukses!

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

kami tidak akan pernah menyalahgunakan alamat email Anda. Anda bisa berhenti berlangganan info dari kami kapan saja.

Leave a Reply