Skip to main content

Sebelum Ikut Pelatihan Pensiun, Simak Dulu 5 Hal Berikut Ini!

By November 16, 2021Article

Mengikuti program pelatihan pensiun sebagai persiapan jelang masa purnatugas memang merupakan hal penting dan sangat bermanfaat. Dengan mengikuti program ini, Anda bisa dapatkan pemahaman lebih mendalam tentang pentingnya persiapan pensiun dan cara mempersiapkan diri dengan baik.

Agar seluruh manfaat dari program pelatihan pensiun bisa Anda rasakan secara optimal, perhatikan 5 hal berikut ini terlebih dahulu, yuk! Dengan begitu, Anda pun dapat benar-benar mengikuti program persiapan masa pensiun ini dengan baik.

Pahami Pentingnya Persiapan Pensiun

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang yang memandang masa pensiun sebagai hal negatif adalah kurangnya persiapan sejak dini. Karena menua dan masa pensiun tentu tidak akan bisa Anda hindari, Anda perlu buat perencanaan masa pensiun (retirement plan) mumpung masih muda.

Perencanaan pensiun memiliki beberapa manfaat utama sebagai berikut:

  • Membantu Anda mengetahui estimasi jumlah uang yang Anda butuhkan pada masa pensiun nanti.
  • Membantu Anda mengetahui berapa lama investasi yang dibutuhkan sebagai persiapan dana pensiun.
  • Memperjelas arah investasi untuk persiapan pensiun dan menghindari risiko investasi bodong.
  • Mempertahankan gaya hidup setelah masuk masa pensiun.
  • Membantu Anda agar tetap memiliki sumber pemasukan saat pensiun, seperti pendapatan pasif.
  • Menghindari kesalahan perencanaan dana pensiun.

Pahami Tahap Perencanaan Dana Pensiun

Perencanaan dana pensiun tentu tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, proses ini memiliki beberapa tahapan penting. Plus, perencanaan dana pensiun juga membutuhkan info lengkap tentang kondisi keuangan Anda saat ini.

Meskipun proses perencanaan dana pensiun tidak bisa dilakukan seenaknya, sebenarnya proses ini mudah dilakukan, kok. Jadi, sebelum Anda ikut pelatihan pensiun, Anda harus bekali diri dengan pengetahuan dasar ini serta pemahaman yang baik akan pentingnya perencanaan dana pensiun yang cermat.

Tetapkan Tujuan Anda dengan Jelas dan Terukur

Sekarang, Anda sudah paham apa pentingnya persiapan masa pensiun. Tapi, apakah hal ini saja sudah cukup untuk memotivasi Anda agar benar-benar serius mengikuti pelatihan pensiun?

Untuk meningkatkan motivasi, Anda perlu tetapkan dulu apa tujuan Anda setelah masuk masa pensiun nanti. Tidak adanya tujuan inilah salah satu alasan banyak orang yang mengalami stres setelah menjadi pensiunan.

Agar Anda semakin termotivasi, tetapkan tujuan Anda secara jelas dan terukur. Misalnya, tujuan Anda tak hanya sebatas “punya dana pensiun”, tapi juga “punya dana pensiun sebesar Rp xxx juta”. Dengan begitu, Anda tahu dengan pasti apa yang perlu Anda kejar.

Pahami Pentingnya Manajemen Keuangan yang Baik

Manajemen keuangan tak hanya berkaitan dengan perencanaan, tapi hingga pengeluaran, investasi, serta tabungan. Jika Anda serius ingin mempersiapkan masa pensiun yang nyaman dan tenang lahir-batin, Anda jelas perlu terapkan manajemen keuangan yang baik dan bijak mulai dari sekarang.

Contohnya dengan mengurangi pengeluaran yang terlihat receh, tapi ternyata bernilai besar jika Anda hitung totalnya per bulan. Misal pengeluaran untuk ngopi, yang ternyata bisa mencapai jutaan dalam sebulan. Anda bisa kurangi dan sisihkan dana tersebut untuk investasi persiapan dana pensiun.

Hitung Kebutuhan Dana Pensiun

Selain mempersiapkan dana pensiun, Anda juga perlu ketahui berapa besar dana pensiun yang Anda butuhkan nanti. Dengan begitu, Anda tahu dengan jelas berapa dana yang harus Anda siapkan sejak sekarang.

Tentu saja, cara menghitungnya juga akan Anda peroleh dalam materi program pelatihan pensiun nantinya. Dengan panduan konsultan profesional, Anda pun bisa hitung kebutuhan dana pensiun dengan lebih cermat.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?