Skip to main content

Sifat Sukses Wirausahawan Pensiunan

By March 22, 2017August 20th, 2020Pensiun Produktif

Banyak orang ingin mendapatkan penghasilan di Masa Persiapan Pensiun dan Masa Pensiun. Mengapa? Karena nanti setelah pensiun, jumlah yang akan diterima per bulannya, hanya sepersekian dari jumlah yang biasanya masuk kas secara teratur. Hal yang lain dialami oleh pensiunan swasta, mereka mendapatkan uang pesangon, dalam jumlah yang sekaligus besar, tapi hanya sekali. Pesangon ini bisa menjadi Modal. Tapi pertanyaannya, sudah cukupkah Pengetahuan mengenai Wirausaha? Karena dengan kurangnya pengetahuan ini, akan terbatas sekali kesuksesan yang bisa dicapai, tentunya.

 

Tidak semua orang memiliki sifat dasar, kepemimpinan, kemampuan manajerial, dan keterampilan (skill) yang diperlukan untuk bisa sukses dalam merintis usaha mandiri (wirausaha). Sebagaimana yang disampaikan oleh Moeljanto Tjokrowinoto (1996) dalam teorinya mengenai Lapisan  Prioritas Kewirausahaan. Teori ini masuk dalam kuliah Kewirausahaan lanjutan di perguruan tinggi. Untuk pembaca yang ingin sukses setelah pensiun, kami dari ESQ MPP memiliki berbagai program Pelatihan Persiapan Pensiun, dengan modul Leverage Assets, untuk mengembangkan sikap dan mental pensiunan Aktif dan Mandiri.

 

 

Di artikel ESQ MPP sebelumnya, kita telah mempelajari tentang sikap mental dan kepemimpinan. Selanjutnya, untuk memastikan bahwa setelah pensiun kita bisa sukses berwirausaha, ada 2 tangga selanjutnya dari prioritas Wirausaha, yaitu Pengelolaan (manajemen) dan Keterampilan (skill).

 

 

  1. Pengelolaan (Manajemen)

                Tanpa pengelolaan yang baik, uang yang kita investasikan ke usaha yang kita bangun, bisa menguap begitu saja. Pengelolaan yang buruk juga membuat kerja keras kita untuk mendirikan usaha, menjadi sia-sia.

 

                Kita bisa mempelajari, cara mengelola usaha yang baik, sedikit demi sedikit. Terutama karena tidak semua orang memiliki waktu untuk mengambil kuliah manajemen, hanya untuk mengelola usaha saja c. Dan, akan mengambil banyak dana per bulan, bila kita harus mengambil manajer berpengalaman untuk bekerja di wirausaha yang kita bangun.

 

                Salah satu ahli manajemen di Australia menyampaikan bahwa manajer yang baik, haruslah bisa mengambil keputusan yang manusiawi, dalam berbagai aktivitas yang berjalan harian, di tempat usaha yang dikelolanya. Walaupun kita bisa mengambil untung banyak, usaha yang pengelolaannya tidak manusiawi tidak bisa berjalan dengan langgeng. Bisa saja usaha tersebut kehilangan izin dari departemen ketenagakerjaan, dan perusahaan kita bisa masuk dalam blacklist.

Lebih parah lagi, sebagai pemodal, bisa saja kita harus berada di belakang jeruji, apabila terbukti melakukan pengelolaan usaha yang tidak manusiawi dan melanggar hukum. Berpikirlah jauh ke depan, jangan berpikiran hanya untuk di saat ini saja, dan berpeganglah pada hukum, agar usaha kita bisa berjalan baik. Lebih jauh lagi, berusahalah agar usaha kita bisa bernilai baik di hadapan Tuhan.

 

                Sebagai pemilik modal, kita harus belajar untuk mampu mengelola usaha agar perusahaan kita mendapatkan keuntungan. Dari keuntungan usaha itulah, kita bisa menggaji karyawan, menyewa tempat usaha, dan membeli bahan baku. Pada saat memulai, kita harus mengambil tanggung jawab atas banyak hal, tapi, saat usaha kita sudah mulai berjalan dan sudah memperoleh karyawan yang bisa dipercaya, disanalah kita bisa mulai mengajarkan cara mengelola usaha, kepada karyawan tersebut.

Tapi, sebagai pemilik, anda harus mengawasi dengan baik, terutama pada masalah keuangan, yang sifatnya rawan dan tidak boleh diserahkan begitu saja, bila kita tidak ingin ditipu dan bangkrut. Untuk memudahkan anda, ESQ MPP juga menyediakan program Pendampingan Personal (PP). Dalam Program Pendampingan Personal ini, kami memberikan bimbingan usaha, agar usaha yang anda bangun bisa berhasil, dan tidak salah kelola.

Sebagai Konsultan Pensiun Terbesar di Indonesia, kami menyelenggarakan Training ESQ Masa Persiapan Pensiun secara Teratur. Training ESQ MPP Publik akan diadakan pada tanggal : 21-23 Maret 2017.  Berlokasi di Jakarta Selatan.

 

Materi yang diberikan adalah :

  • Meraih Kebijaksanaan Hidup (Wisdom Living)

  • Kecerdasan Finansial (Financial Quotient)

  • Manajemen Kesehatan (Healthy Session)

  • Pengembangan Wirausaha (Leverage Assets)

 

Training ini adalah untuk anda yang :

  • Tidak mau hidup bergantung pada anak, membutuhkan suntikan semangat untuk tetap mandiri di masa tua

  • Takut gagal dan kehilangan dana pensiun, membutuhkan ilmu dan bimbingan untuk bisa berusaha dengan modal kecil dan rendah resiko

  • Takut inflasi membuat uang tidak berarti, dan butuh strategi investasi keuangan yang jitu dan anti rugi

  • Ingin tetap kaya untuk puluhan tahun yang akan datang, hingga ke anak cucu

  • Ingin bisa berinvestasi dengan bijak dan tidak mau sedikit pun rugi seperti Warren Buffet

  • Merasa tidak berdaya dan mudah sakit dan Ingin lepas dari Belenggu Mental tersebut yang membuat anda merasa lemah

  • Meyakini bahwa seperti Pendiri IBM, KFC dan Nestle, Masa Pensiun bisa jadi Masa Sukses dan Bahagia penuh Makna

Untuk keterangan lengkap mengenai Bagaimana anda bisa mengikuti Training Publik untuk Masa Persiapan Pensiun dari Konsultan Pensiun Terbaik di Indonesia, Kunjungilah website kami di : www.esqmpp.com

  • Hubungi kami via email : esqmpp@gmail.com

  • Hubungi via atau wa/telp/line ke HP  0856 9311 9026 (Gina)

  • atau telepon ke kantor kami di Menara 165 lantai 24, ke : 021 2940 6969 ext. 174 (Gina)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?