Skip to main content

Syarat Persiapan Pensiun

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Persiapan Pensiun adalah berbagai langkah yang diambil seseorang, untuk menyiapkan kebutuhan finansial, kebutuhan pokok, dan berbagai kebutuhan lain agar tetap bisa dipenuhi setelah orang itu sudah tidak lagi bekerja secara penuh waktu (full time). Dalam Persiapan Pensiun, bisa juga termasuk di dalamnya, rencana untuk melakukan aktivitas bisnis dan investasi setelah tidak lagi bekerja penuh waktu.

 

Pertimbangan untuk memulai Persiapan Pensiun untuk diri sendiri adalah ;

  1. Pastikan kondisi finansial anda cukup untuk memenuhi kebutuhan setelah Pensiun nantinya
  2. Pastikan ada pemasukan teratur yang bisa anda andalkan untuk memenuhi kebutuhan, apakah itu dari uang pensiun bulanan, keuntungan deposito bulanan, keuntungan investasi bulanan, atau dari usaha mandiri anda yang sudah berjalan secara baik
  3. Tentukan aktivitas apa yang akan anda lakukan untuk mengisi waktu yang tersedia bila sudah benar-benar mencapai Masa Pensiun

 

Melihat 3 hal diatas, tentunya banyak diantara kita yang ingin Pensiun bisa tiba-tiba mundur. Ya, menyiapkan Pensiun bukanlah hal yang mudah. Karena di masa pensiun kita memasuki masa-masa yang penuh dengan ketidak-pastian. Masa dimana akan tersedia banyak waktu, tapi tidak tersedia banyak uang dan tidak ada penghasilan. Lalu bagaimana bisa makan bila tidak ada penghasilan? Hal ini untuk banyak orang bisa jadi sangat menakutkan.

 

Karena itu, lakukanlah Persiapan Pensiun. Persiapan Pensiun bisa dimulai kapan saja. Terutama untuk mereka yang menginginkan Pensiun Dini. Apa saja yang harus dipersiapkan untuk Persiapan Pensiun? Di bawah ini kami buatkan daftarnya untuk anda. Ingatlah bahwa apa yang anda harus penuhi di bawah ini, bisa dipenuhi dalam kurun waktu beberapa tahun ke depan, sesuai dengan apa yang anda targetkan sebelumnya.

 

Syarat Persiapan Pensiun  yang harus dipenuhi :

  1. Siapkan tabungan dengan jumlah setahun gaji anda. Ini untuk menjamin anda tetap sejahtera selama minimal setahun
  2. Diluar tabungan diatas, anda juga harus sudah memiliki Investasi dalam instrumen yang berbuah secara bulanan, memberikan hasil yang terus naik, secara teratur, dalam jumlah hasil bulanan yang setara dengan gaji anda sebulan.
  3. Pastikan anda sudah memiliki berbagai kebutuhan pokok, seperti rumah dan kendaraan roda empat, untuk menjamin kehidupan anda di masa setelah pensiun nantinya
  4. Anda juga harus sudah memiliki wirausaha dengan manajemen yang baik, yang sudah mendatangkan hasil secara teratur, minimal sudah berjalan selama empat tahun, dengan pendapatan yang terus meningkat, dengan hasil  yang minimal setara dengan gaji anda di kantor.
  5. Apabila anda memiliki pasangan dan anak-anak, pastikan ke-4 sumber pendapatan anda diatas, bisa memenuhi kebutuhan bulanan keluarga anda terpenuhi dengan baik, tanpa kurang suatu apa apun.
  6. Pastikan anda membayar pajak, berbagai iuran, tagihan-tagihan, dan zakat. Ini untuk menjamin agar hidup anda tentram tanpa gangguan suatu apapun.
  7. Pastikan anda memiliki tujuan yang bermakna yang menjadi dasar mengapa anda ingin pensiun. Pensiun tanpa tujuan, tanpa aktivitas dan tanpa kegiatan, bisa membuat anda terjangkit penyakit spiritual patologi, anda bisa kehilangan makna hidup, merasa tidak bermakna, dan lain sebagainya. Temukan tujuan mulia sebagai alasan mengapa anda harus pensiun. Dari situ, baru anda bisa mengambil keputusan yang matang tentang kapan dan mengapa anda harus pensiun.

 

Apabila ke-7 hal ini sudah terpenuhi, anda bisa memulai Masa Pensiun anda! Di Masa Pensiun dengan 7 bekal ini, bisa dipastikan kebutuhan keseharian anda bisa terpenuhi dengan baik.

Apabila ada sejumlah hal yang ingin anda tanyakan mengenai Persiapan Pensiun, hubungi kami via email di esqmpp@gmail.com atau telepon ke 021 – 2940 6969 ext. 174.

Salam Pensiun Bermakna!

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?