Skip to main content

Terapi Program Persiapan Masa Pensiun

By August 25, 2021Article

Banyak orang yang pensiun sering merasakan masalah mental. Hal ini sering disebut post power syndrome. Masalah mental ini muncul pada mereka yang sebelumnya memiliki kekuasaan dalam bisnis atau perusahaan dan tiba – tiba menjadi orang yang tidak memiliki apa – apa dari segi kedudukan.

Kebanyakan orang merasa malu jika tidak memiliki pekerjaan. Padahal, hal seperti ini normal bagi mereka yang pensiun. Orang pensiun umumnya karena masalah umur dan sudah ada aturannya. Tapi tetap saja orang yang terbiasa bekerja akan merasa canggung jika tiba – tiba tidak melakukan apa – apa.

Untuk mencegah orang yang mengalami masalah mental ataupun drop saat pensiun, program persiapan masa pensiun-pun dilakukan. Hal ini berupa program terapi yang dilakukan untuk mereka yang mendekati waktu pensiun.

Kegiatan yang Ada Dalam Program

Saat mengikuti kegiatan ini, Anda akan mendapatkan paket berupa:

  • Presentasi, seminar dan diskusi group
  • Roleplay, games dan simulasi
  • Entertainment
  • Kunjungan ke tempat – tempat usaha untuk inspirasi setelah pensiun
  • Sesi konsultasi awal
  • Pelatihan keterampilan dan pengetahuan wirausaha

Kegiatan di atas semuanya dikemas menjadi satu paket program yang dilakukan selama 3 hari. Pada 2 hari pertama, program persiapan masa pensiun akan lebih fokus pada acara dalam ruangan. Biasanya presentasi games dan role play adalah yang paling banyak memakan waktu.

Untuk 1 hari terakhir, Anda akan dibawa untuk kunjungan ke tempat – tempat wirausaha. Dalam sehari perjalanan ini, Anda akan dilatih juga untuk kemampuan membuat usaha tersebut. Contoh saja usaha kuliner. Anda akan dilatih bagaimana memproses makanan, melayani pelanggan dan juga management karyawan.

Tujuan Program Persiapan Masa Pensiun

Tujuan dari program ini tentu mengatasi masalah beban mental. Tapi disisi lain, Anda juga akan dibentuk agar bisa tetap bekerja tanpa harus bergantung pada kantor. Orang – orang yang pensiun tentu tetap ingin dapat pendapatan walaupun sudah memiliki pesangon.

Memiliki pendapatan lebih banyak menjamin hidup bisa lebih berkualitas. Selain itu, orang yang terbiasa bekerja, jauh lebih senang jika ada kegiatan. Daripada menjalankan hal yang tidak jelas, lebih baik berwirausaha sebagai kegiatan yang juga menghasilkan.

Membangun kesiapan mental untuk memulai usaha dari nol tidak mudah. Apalagi sebelumnya sudah sukses sebagai karyawan perusahaan besar. Banyak aspek yang harus diketahui dan bisa berbeda dari ekspektasi. Banyak orang yang bekerja sampai pensiun di perusahaan belum tentu bisa mengendalikan usaha yang belum efisien.

Hal ini terlebih berpengaruh pada mereka yang memegang jabatan. Jika di dalam perusahaan, mereka bisa pegang kendali dan memiliki pamor. Tapi saat memulai usaha sendiri, kendali semua ada di tangan Anda tanpa ada backingan boss yang lebih tinggi. Jika melakukan kesalahan, Anda sendiri yang akan merasakannya. Jadi persiapan tersendiri diperlukan untuk hal tersebut.

Pastikan Anda Lebih Siap Menyambut Pensiun!

Bagi Anda yang sekarang masih aktif bekerja dan memegang posisi penting di perusahaan, pastikan ikut program persiapan masa pensiun sebelum berhenti bekerja. Banyak orang yang awalnya tidak tahu bahwa dirinya memiliki masalah mental soal pegang kekuasaan di waktu kerja. Tapi setelah pensiun, barulah mereka merasa tidak nyaman dan bahkan stress.

Daripada hal ini terjadi pada Anda, pastikan ikut program ini. Anda bahkan dapat arahan dan pembelajaran untuk memulai wirausaha di masa pensiun agar tetap aktif dan berpendapatan. Jangan remehkan program terapi ini. Mudah – mudahan informasi di sini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda sekalian dalam menyambut pensiun.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?