Skip to main content

Tips Hemat Keuangan di Masa Persiapan Pensiun (5)

By December 7, 2016August 20th, 2020Pensiun Bahagia, Pensiun Produktif, Pensiun Sejahtera
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Agar keluarga kita tetap sejahtera di masa Pensiun, kita bisa melakukan langkah di bawah ini untuk selalu hemat di Masa Pensiun, yaitu :

  • Mengganti Merk pakaian dengan Merk pakaian lokal yang bermutu.

 

Kebiasaan membeli pakaian, sepatu, atau baju dalam bermerk, sebenarnya bisa dihemat dengan membeli produk yang sama dari dalam negeri. Karena, banyak merk luar negeri yang produksinya dilakukan di Indonesia. Belum lagi, harga barang bermerk jatuh di pasaran bila pernah kita pakai beberapa kali.

 

Berinvestasi di Fashion seringkali bukan keputusan yang bijaksana. Karena harganya jatuh menjadi hanya 10% – 30% dari harga semula. Apa yang anda beli seharga 3 juta hari ini, mungkin hanya bisa anda jual seharga 300 ribu saja di tahun depan. Sangat merugikan bukan?

 

Bila anda ingin berinvestasi, sebaiknya belilah logam mulia atau perhiasan emas asli saja, yang harganya akan terus naik hingga beberapa tahun ke depan.

 

Kebiasaan jalan-jalan ke luar negeri untuk berbelanja aneka produk fashion di akhir tahun, bisa dialihkan ke pembelian surat berharga seperi ORI (Obligasi Ritel Indonesia) atau Sukuk Syariah, yang menghasilkan keuntungan hingga dua kali lipat deposito, tanpa khawatir akan bunga. Karena dihitung sebagai surat berharga.

 

Atau bisa juga dialihkan untuk membeli emas batangan, yang nilainya akan selalu naik dari tahun ke tahun, tahan inflasi, dan bisa anda uangkan kapan saja.

 

Masa Pensiun adalah saat untuk menjadi lebih bijak, dan mengambil berbagai keputusan yang akan berakibat jangka panjang. Pastikan perubahan fashion atau alih fashion yang anda lakukan ini tidak merubah banyak gaya anda. Anda bisa tetap bergaya dengan produk-produk dalam negeri yang kaya budaya, bernilai seni tinggi, dan memiliki kandungan sejarah. Dengan cara ini, selain melestarikan budaya bangsa, anda juga turut berperan dalam kemajuan ekonomi bangsa lho. Yuk, lebih hemat dengan alih fashion

 

Apabila anda ingin mengetahui berbagai cara untuk dapat menjalani masa pensiun dengan keadaan yang sejahtera, bahagia, dan bermakna, kirimkan email ke : esqmpp@gmail.com atau hubungi kami di 021 – 2940 -6969 ext. 174.

 

Salam Pensiun Bermakna

 

Berikut ini artikel sebelumnya dalam topik yang sama  :

Tips Hemat Masa Persiapan Pensiun 1

Tips Hemat Masa Persiapan Pensiun 2

Tips Hemat Masa Persiapan Pensiun 3

Tips Hemat Masa Persiapan Pensiun 4

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?