Skip to main content

Tips Masa Persiapan Pensiun (2)

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Agar bisa menjalani Masa Pensiun dengan Bahagia, Sejahtera dan Bermakna, ada suatu hal yang harus kita hindari, yaitu :

Hindari Hutang pada Masa Persiapan Pensiun / Pada Masa Pensiun

 

Di Masa Pensiun, banyak orang sudah tidak lagi produktif. Untuk itu, bagi anda yang sudah memasuki Masa Persiapan Pensiun, Jangan sampai memiliki hutang dalam bentuk apapun.

 

Yang lebih tidak menguntungkan lagi adalah adanya hutang konsumtif. Hutang Konsumtif bersifat hanya sebagai pelengkap saja, dan hanya akan membebani anda saja.

 

Mengapa Hutang Konsumtif bisa berbahaya? Contoh dari Hutang Konsumtif adalah berhutang hanya untuk hal yang tidak prioritas, seperti untuk berdandan, atau untuk kemewahan semata. Pada masa dimana kita sudah tidak produktif, hal seperti ini harus dihindari. Terlebih lagi bila harus sampai berhutang.

 

Mengapa? Karena Hutang bisa menguras tabungan pensiun yang sebelumnya sudah anda simpan selama belasan hingga puluhan tahun. Jangan sampai tabungan yang sudah anda persiapkan untuk masa pensiun, terkuras habis hanya untuk membayar hutang, untuk barang-barang yang sifatnya memberatkan hidup anda.

 

Adanya hutang bisa mendatangkan beban yang tidak sedikit. Untuk itu, mungkin harus merubah pola konsumsi dan tidak tergiur dengan ajakan sejumlah orang yang membujuk anda untuk membeli produk-produk mereka.

 

Lebih baik untuk menahan diri dan memastikan dapat memberikan warisan yang baik pada anak cucu, dibanding dengan mewariskan hutang pada mereka. Yakinlah bahwa ada kehidupan akhirat, yang akan mendatangkan lebih banyak kebahagiaan untuk anda dan keluarga.

 

Keyakinan akan kehidupan akhirat akan mendorong kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan mendorong kita untuk selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti beribadah, beramal shalih dan menolong orang lain.

 

Jangan sampai kita berhutang untuk menolong orang lain. Tuhan tidak pernah meminta pada kita melebihi apa yang bisa kita berikan. Yang terpenting dalam beribadah adalah ikhlas dan dilakukan dengan teratur.

 

Hindari beban pikiran di masa pensiun dengan menghindari hutang. Hiduplah hemat, dan tingkatkanlah Ibadah.

 

Untuk informasi mengenai Training Masa Persiapan Pensiun yang bisa meringankan beban pikiran anda, hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau hubungi 021 – 2940 -6969 ext. 174

 

Salam Pensiun Bermakna

 

ESQ MPP

Berikut ini Tips Persiapan Pensiun sebelumnya, yaitu :

Tips Persiapan Pensiun 1

 

Join the discussion 3 Comments

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?