Skip to main content

Tips Menghadapi Masa Pensiun dengan 5 Langkah Hemat

By December 19, 2016August 20th, 2020Pensiun Bahagia, Pensiun Sejahtera
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Jika ditanya tentang tips menghadapi masa pensiun, banyak orang yang memberikan jawaban seputar pengaturan finansial. Sebab, ini merupakan salah satu cara jitu untuk membuat masa pensiunan jadi bahagia dan sejahtera.

 

Tips Persiapan Pensiun 6 :  5 Langkah Hemat

 

Ada sejumlah langkah yang bisa diambil untuk persiapan pensiun kita. Namun, penghematan keuangan untuk kebutuhan hari-hari adalah cara termudah yang bisa Anda lakukan agar bisa sukses secara finansial.

 

Namun memang, perlu pengorbanan dan kerja keras dalam lakukan upaya penghematan. Sebab, berhemat adalah sebuah kebiasaan yang harus dibangun dan tidak bisa dijalankan secara mendadak karena membutuhkan adaptasi yang cukup lama. Namun, perlu diingat ada hal yang menyenangkan dari penghematan ini. Kita bisa mendapatkan tabungan atau simpanan lebih banyak untuk masa persiapan pensiun.

 

Supaya tak terasa berat saat berhemat, yuk ikuti tips persiapan pensiun berikut ini!

 

  1. Gaya Hidup Sederhana

Tips persiapan pensiun yang pertama berkaitan dengan lifestyle atau gaya hidup. Biasakanlah diri untuk menjalani hidup dengan gaya hidup sederhana serta kurangi pulalah pengeluaran yang dirasa tidak perlu.

 

  1. Membiasakan Bawa Bekal

Untuk Anda yang terbiasa membeli makan siang di kantin atau food court, coba yuk untuk mulai membawa bekal setiap hari. Cara ini cukup efektif lho untuk menekan pengeluaran atau penghematan.

 

  1. Gunakan Transportasi Online

 

Penghematan juga bisa dilakukan dengan menggunakan transportasi online untuk bepergian. Selain lebih mudah dan cepat, fasilitas satu ini terjamin lebih murah jika dibandingkan dengan taksi. Dengan cara ini anggaran untuk ongkos bisa dihemat.

 

  1. Catat Kebutuhan dan Hindari Membeli Barang Secara Mendadak

Berbelanja secara mendadak biasanya dapat membuat Anda jadi lebih impulsif. Akhirnya, mungkin saja Anda jadi banyak membeli sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan. Oleh sebab itu, penting untuk lakukan pencatatan mengenai kebutuhan-kebutuhan bulanan secara rutin.

 

  1. Rajin Olahraga dan Jaga Kesehatan

Tips Persiapan Pensiun yang satu ini sangat penting namun jarang disadari oleh orang. Anda tentu tahu, sakit itu mahal. Butuh banyak biaya untuk melakukan perawatan atau pengobatan.

 

Oleh sebab itu, di masa persiapan pensiun ini Anda harus tetap menyempatkan diri berolahraga untuk jaga kondisi tubuh. Jangan lupa pula konsumsi makanan bernutrisi agar kesehatan senantiasa terjaga.

 

Nah, dari penghematan yang anda lakukan ini akan ada banyak tambahan dana yang bisa didapatkan oleh Anda.

 

Lalu, tambahan dana ini sebaiknya digunakan untuk apa ya?

 

Gunakanlah untuk memperbanyak tabungan anda. Naikkanlah porsi menabung Sahabat ESQ. Apabila hari ini porsi menabung Anda hanya pada level 20% dari total pendapatan, maka naikkan kembali porsi misalnya ke level 30% agar semua keinginan yang belum terwujud dapat dicapai ketika memasuki usia pensiun.

 

Hubungi kami di esqmpp@gmail.com atau telepon ke manajer ESQ MPP, Tio di 0853 5353 0775. Untuk mendaftarkan perusahaan anda mengikuti Training ESQ MPP, bisa mengisi form disini. Untuk mengikuti Training Masa Persiapan Pensiun Publik, kami tunggu pendaftaran Bapak Ibu disini.

 

 

Berikut ini Tips Persiapan Pensiun sebelumnya, yaitu :

Tips Persiapan Pensiun 1

Tips Persiapan Pensiun 2

Tips Persiapan Pensiun 3

Tips Persiapan Pensiun 4

Tips Persiapan Pensiun 5

 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?