Skip to main content

Tips Menghadapi Masa Persiapan Pensiun Agar Bisa Lebih Nyaman dan Sejahtera di Hari Tua

By May 28, 2021Article
Program-In-House-ESQ-MPP-dikemas-khusus-untuk-karyawan-perusahaan-organisasi

Masa persiapan pensiun pns dapat diberikan dalam jangka waktu maksimal satu tahun, sebelum dibebaskan dari masa tugas sebagai ASN.

Masa pensiun menjadi masa yang mungkin dirasa begitu mendebarkan bagi sebagian orang yang sudah mendekati masa purna tugas.

Bisa dibilang tidak sedikit yang merasakan kekhawatiran atau kecemasan dalam dirinya. Terlebih kekhawatiran tersebut dalam hal finansial.

Tidak hanya itu, masa pensiun juga membuat Anda merasa telah menua dengan produktivitas yang juga turut menurun.

Persepsi seperti itulah yang membuat Anda menjadi subjektif dan sensitif sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan.

Padahal masa pensiun harusnya menjadi masa yang menyenangkan. Bagaimana tidak? Setelah pensiun Anda bisa lebih leluasa menghabiskan waktu bersama keluarga.

Cukup banyak orang yang belum siap menghadapi masa pensiun. Yang awalnya produktif dengan rutinitas pekerjaan harian kemudian harus berhenti.

Dengan beberapa anggapan tersebut maka dibutuhkan masa persiapan pensiun pns yang benar-benar matang agar dapat menjalani masa pensiun yang sejahtera.

Beberapa hal berikut ini bisa Anda jadikan sebagai referensi agar dapat menikmati masa pensiun tanpa terlalu mengkhawatirkan pemikiran-pemikiran yang berlebihan.

  1. Ubah Pola Pikir

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengubah mindset. Mungkin Anda berharap mengandalkan dana jaminan sosial untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Atau Anda mengandalkan dana dukungan dari anggota keluarga lain. Maka sebaiknya Anda mengubah pola pikir yang demikian.

Sebaiknya saat masih masa produktif, Anda memperbanyak aset investasi. Hasil dari investasi ini nantinya dapat Anda nikmati saat masa pensiun.

Jadi, Anda bisa memutus rantai sandwich generation dengan tidak bergantung pada dana jaminan sosial atau dana dukungan anggota keluarga lain.

  1. Melakukan Kegiatan yang Disukai

Meski sudah memasuki masa pensiun bukan berarti Anda menghentikan segala aktivitas. Justru Anda bisa bebas beraktivitas tanpa memikirkan pekerjaan.

Ada banyak hal menyenangkan yang bisa Anda lakukan. Sebelum memasuki masa persiapan pensiun pns sebaiknya Anda menyusun rencana.

Seperti misalnya mengembangkan hobi memasak, membuka usaha, bersepeda, dan beberapa kegiatan menarik lainnya. Dengan bersepeda Anda bisa membuka relasi baru.

Usahakan untuk melakukan kegiatan yang membuat Anda senang. Sehingga Anda tidak merasa pensiun itu hal yang membosankan.

  1. Mengasah Otak

Masa pensiun biasanya akan membuat Anda jarang beraktivitas. Berbeda halnya saat masih masa produktif yang mengharuskan Anda terus bergerak.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk tetap melakukan kegiatan yang bisa terus menjaga ketajaman otak sehingga Anda tidak mudah lupa.

Kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk melatih ketajaman otak diantaranya seperti membaca, berkunjung ke museum, bermain catur dan kegiatan lain.

  1. Gaya Hidup Sehat

Untuk menjaga badan tetap segar dan bugar maka Anda perlu memperhatikan gaya hidup. Hindari kebiasaan yang beresiko mempengaruhi kesehatan.

Karena usia yang rentan terhadap penyakit sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi alkohol, tidak merokok dan mengurangi atau tidak begadang.

Anda juga perlu menjaga pola makan dengan mengkonsumsi makanan kaya nutrisi. Jangan lupa juga untuk rutin berolahraga minimal 30 menit.

Jika beberapa hal diatas masih kurang membantu, Anda bisa menyiapkan masa pensiun dengan mengikuti program ESQ MPP.

Program ESQ MPP akan membantu Anda dalam mengatasi kecemasan baik dari segi psikologis hingga financial melalui pendekatan emosional serta spiritual.

Dengan mengikuti program ESQ MPP diharapkan Anda bisa lebih siap dalam menghadapi masa persiapan pensiun pns yang nyaman dan sejahtera.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?