Skip to main content

Tips Persiapan Pensiun (1)

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Tips Persiapan Pensiun : 1. Persiapkan Dana Kebutuhan Pensiun Sejak Muda

 

Pensiun tak mengenal ampun. Bila pun sekarang hidup anda berkecukupan, kesulitan keuangan setelah pensiun bisa membuat siapapun hidup susah. Padahal, tidak ada seorang pun yang ingin hidup susah di masa tua bukan?

 

Untuk itu, ada sejumlah cara yang bisa kita ambil untuk bisa tetap hidup nyaman dan berkecukupan di masa tua.

 

Yang paling utama adalah, kita harus mengingat bahwa agar bisa sejahtera di masa pensiun, uang bukan satu-satunya faktor. Yang terpenting diperlukan perencanaan keuangan dan strategi tertentu agar uang pensiun yang kita miliki, tidak menguap dalam waktu singkat.

 

Apa saja langkah untuk Persiapan Pensiun?

 

Untuk bisa merdeka secara finansial di usia pensiun, penting untuk kita banyak menabung dan belajar investasi sejak masih muda. Mengapa harus belajar investasi sejak muda? Hal ini karena, dalam investasi ada masa coba-coba, dan ada kalanya kita juga bisa gagal dan merugi, dalam berinvestasi. Untuk itu, pilihlah jenis investasi yang paling tepat untuk anda.

 

Bila anda baru mulai belajar berinvestasi di usia diatas 40 tahun, sebaiknya pilihlah model investasi yang rendah resiko. Karena, kegagalan investasi dan kehilangan modal  di usia diatas 40 tahun bisa mendatangkan banyak masalah. Walaupun masalah finansial bisa diatasi, beban pikiran yang timbul bisa membuat anda tertekan atau jatuh sakit.

 

Dana tabungan untuk kebutuhan pensiun, sebaiknya ditabung sejak semuda mungkin. Saat pertama kali menerima penghasilan adalah saat yang paling tepat untuk mulai mempersiapkan pensiun. Demikian yang kami percaya di ESQ MPP.

 

Menabung untuk Pensiun harus sudah dimulai sejak muda, walaupun besarannya hanya 5% dari total penghasilan. Tabungan adalah yang utama, untuk memastikan kita sudah memiliki cadangan uang apabila ada keperluan mendadak.

 

Minimal kita memiliki tabungan sejumlah minimal 6 bulan gaji. Setelah itu, baru kita lakukan tabungan berencana. Misalnya menabung untuk memiliki aset fisik. Dengan memiliki rumah, apartemen, tanah atau kebun, kita memiliki aset dalam bentuk fisik. Aset fisik ini berharga tinggi dan nilainya naik dalam persentase yang tinggi pula. Aset fisik ini bisa memberikan penghasilan dengan cara disewakan. Selain nilainya terus naik, hasil sewanya bisa menjadi sumber keuangan juga, yang bisa diputar kembali untuk usaha.

 

Bagaimana? Apakah anda memerlukan saran-saran lanjutan tentang Persiapan Pensiun? Bila ya, anda bisa menghubungi kami di : esqmpp@gmail.com atau telepon di 021-2940-6969 ext. 174

 

 

Join the discussion 5 Comments

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?