Skip to main content

Tips Persiapan Pensiun (3)

konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Ada sejumlah strategi untuk membuat kehidupan kita setelah pensiun tetap tercukupi dan sejahtera. Untuk memastikan hal tersebut, kita harus melakukan sejumlah langkah persiapan pensiun. Berikut salah satu langkah yang bisa diambil.

 

Tips Persiapan Pensiun :   3. Perkirakan Biaya Hidupmu

 

Dengan melakukan Perkiraan Biaya Hidup, kita akan mendapatkan gambaran mengenai tingkat kesejahteraan kita. Perhitungan ini harus dilakukan dengan memasukkan sejumlah komponen biaya hidup, yaitu :

  1. Biaya Makan dan Minum untuk keluarga selama sebulan
  2. Biaya Transportasi
  3. Biaya Telekomunikasi pribadi (smartphone)
  4. Biaya Listrik, Internet, Telepon, iuran RT/RW,
  5. Biaya Arisan dan Rekreasi (makan di restoran/kafe/berlibur)
  6. Biaya hutang yang harus dibayar

total biaya diatas menunjukkan seberapa sejahtera hidupmu saat ini dan di masa yang akan datang. Perhitungkan presentase inflasi untuk memperkirakan biaya hidup di tahun depan dan tahun-tahun berikutnya. Ini akan menjadi perhitungan yang matang untukmu menabung.

 

Misalnya biaya hidupmu saat ini Rp 2,5 juta, maka setelah ditambahkan biaya inflasi 6%, kamu akan mendapatkan biaya hidup di tahun depan, sebesar Rp 2,65 juta. Itu pun dengan asumsi inflasi sebesar 6%. Apabila ternyata biaya inflasi lebih besar lagi, tinggal dihitung saja berapa banyak biaya hidupmu untuk menunjang kesejahteraan di masa pensiun nanti, dengan tingkat kemakmuran yang sama seperti yang kamu jalani saat ini.

 

Dalam perhitungan diatas, untuk persiapan pensiun, tambahkan lagi sejumlah komponen, yaitu :

  1. Tabungan per bulan

  2. Investasi per tahun/bulan

  3. Asuransi kesehatan, dan asuransi lainnya

  4. Zakat dan Pajak yang harus dibayar

  5. Sedekah yang ingin diberikan

Perhitungan kedua ini, akan membantumu untuk tetap sejahtera dan tenteram. Karena ada komponen yang membuat tenteram seperti pembayaran zakat, pajak dan sedekah. Mengapa ini penting? Pemberian Sedekah, Zakat dan Infak akan membantumu mendapatkan leverage kekayaan yang jumlahnya tidak terbatas, seperti yang dijanjikan Tuhan. Selain itu, Zakat akan membersihkan harta kita dan menjadikannya berkah.

Untuk mempertahankan kesejahteraan di masa pensiunmu sama seperti di saat ini, ikuti pelatihan ESQ MPP, hubungi kami di 021 -2940 6969 ext 174 atau email kami ke esqmpp@gmail.com

 

Berikut ini Tips Persiapan Pensiun sebelumnya, yaitu :

Tips Persiapan Pensiun 1

Tips Persiapan Pensiun 2

 

 

Join the discussion One Comment

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?