was successfully added to your cart.
konsultan pelatihan pensiun, konsultan pensiun, konsultan masa persiapan pensiun, masa persiapan pensiun, pelatihan pensiun, pelatihan persiapan pensiun, training pensiun, training persiapan pensiun, training masa persiapan pensiun, kunjungan usaha, solusi pensiun, pra pensiun, persiapan pensiun, pensiun kaya, pensiun dini, tips orang sukses

Inilah Tips Persiapan Pensiun Yang Terbukti Berhasil dari ESQMPP. Dalam Menyusun Rencana Pensiun, ada sejumlah strategi yang bisa dilakukan, dengan menyusun rencana pensiun berdasarkan 4 Aspek Rencana Jangka Panjang, yaitu :

Tips Persiapan Pensiun (5) :  4 Aspek Rencana Jangka Panjang

 

Untuk anda yang masih muda, jika pada usia pensiun nanti anda ingin menjalankan bisnis atau memiliki cita-cita yang ingin diwujudkan, maka gunakanlah rentang waktu yang anda miliki sejak sekarang di masa bekerja, hingga di masa pensiun nanti sebagai Masa Persiapan Pensiun. Pada waktu yang masih panjang ini, anda bisa melakukan berbagai persiapan, segala hal yang berkaitan dengan upaya meraih cita-cita tersebut, baik dari segi mental, maupun dari segi kemampuan.

 

Rencana Jangka Panjang untuk Masa Persiapan Pensiun ini, dibagi dalam empat (4) jenis yaitu :

  1. Rencana Alokasi Waktu

Rencana untuk mencapai Cita-cita, harus dituliskan secara runut, dalam urutan Waktu. Ada waktu yang anda sisihkan per hari, dan ada juga alokasi waktu sekian tahun ke depan, untuk terwujudnya rencana tersebut.

 

Misalnya bila anda ingin pensiun sebagai Profesor, anda harus mengalokasikan waktu perhari untuk belajar, misalnya 3 jam per hari. Dan dalam rencana jangka panjang ke depannya, anda harus mengalokasikan waktu, selama sekian tahun untuk menuntut ilmu, untuk menyusun buku-buku, untuk melakukan penelitian, dan lain sebagainya.

 

2. Rencana Pendidikan

Buatlah rencana untuk mengikuti suatu jenis pendidikan untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan yang kita miliki. Rencana pendidikan ini amatlah penting. Jenis pendidikannya bisa formal maupun non formal. Tanpa pendidikan, keahlian kita tidak akan bertambah, dan kita akan ketinggalan dalam persaingan yang makin meningkat sekarang ini.

 

Pendidikan non formal bisa melalui kursus, workshop, lokakarya, ataupun seminar. Pendidikan non formal ini ada yang murah dan ada yang mahal. Namun yang bagus biasanya cukup mahal namun menjanjikan peluang sukses yang lebih pasti dan lebih besar.

 

3. Rencana Keuangan

Buatlah rencana untuk mengalokasikan sekian banyak uang anda, untuk mendukung rencana anda. Misalnya untuk biaya mengikuti kursus bisnis, atau mengambil gelar dalam pendidikan pasca sarjana.

 

Dalam rencana keuangan juga harus jelas, darimana sumber keuangan anda. Apabila anda bekerja, sisihkan 10%-20% dari penghasilan anda, untuk mendukung rencana masa depan anda.

 

4. Rencana runut mengenai Bisnis / Wirausaha / Cita-cita lainnya

Bila anda ingin memiliki bisnis sendiri, buatlah rencana bisnis (bussiness plan) sejak sekarang. Dengan begitu, anda memiliki waktu untuk merevisi rencana-rencana anda, dan memperbaikinya sehingga bisa tercapai dengan baik. Dalam rencana bisnis tersebut, putuskan apakah anda akan bermitra, mencari investor, atau mendanai sendiri usaha anda.

 

Bila usaha yang anda inginkan bukan berkaitan dengan bisnis, misalnya menjadi penulis, menjadi aktor, menjadi chef, atau menjadi komedian, buatlah rencana untuk mencapainya. Pelajarilah skill yang berkaitan dengan cita-cita anda itu, dan latih terus menerus. Kemudian, berkenalanlah dengan banyak orang, untuk memperluas jaringan anda. Dengan memiliki jaringan yang luas, anda akan memiliki dukungan sosial yang lebih banyak untuk mendukung anda mencapai cita-cita.

 

Membuat Rencana Jangka Panjang bisa dilakukan sejak sekarang. Anda bisa menjadikan rentang waktu dari sekarang hingga masa pensiun, sebagai Masa Persiapan Pensiun anda. Dengan cara ini, anda memiliki waktu yang lega, dan usaha anda tidak mendadak dan tidak membuat anda tertekan.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang Persiapan Pensiun yang kami siapkan untuk anda dalam Training ESQ Masa Persiapan Pensiun, anda bisa mengirimkan email pada kami di : esqmpp@gmail.com, atau telepon ke manager ESQ MPP kami di nomor : 0853 5353 0775 (Tio)

 

untuk Mendaftarkan diri secara personal, klik disini, atau untuk Pendaftaran Perusahaan, klik disini.

 

Salam Pensiun Bermakna!

 

Berikut ini Tips Persiapan Pensiun sebelumnya, yaitu :

Tips Persiapan Pensiun 1

Tips Persiapan Pensiun 2

Tips Persiapan Pensiun 3

Tips Persiapan Pensiun 4

Dapatkan E-book Gratis "PENSIUN SUKSES" dari Team ESQMPP

Daftar sekarang dan temukan Ide dan Inspirasi Cara Halal dan Mudah untuk Pensiun Damai dan Sukses!

I agree to have my personal information transfered to MailChimp ( more information )

kami tidak akan pernah menyalahgunakan alamat email Anda. Anda bisa berhenti berlangganan info dari kami kapan saja.

Join the discussion One Comment

Leave a Reply