Skip to main content

Tips Persiapan Pensiun, Agar Pensiun Jadi Lebih Menyenangkan

By August 8, 2021Article

Pensiun adalah salah satu fase, bagi seseorang yang bekerja, untuk mundur dan digantikan dengan pegawai baru. Walaupun terdengar sepele, namun tidak banyak orang atau calon pensiun yang menyadari atau bahkan mempersiapkan fase pensiun dengan baik. Padahal masa pensiun ini harus dipersiapkan dengan baik, guna menjaga kelangsungan hidup Anda dan pasangan di masa depan. Ulasan berikut ini akan membahas tentang beberapa tips persiapan pensiun yang sebaiknya Anda persiapkan sedari awal.

Cek kapan Anda akan pensiun

Adapun tips persiapan pensiun pertama yang sebaiknya Anda persiapkan adalah, cek kapan Anda akan mendapatkan pensiun. Kali ini cek kapan tepatnya Anda akan memperoleh pensiun, mulai dari tanggal bulan dan tahun.

Penting, agar Anda mulai mempersiapkan berbagai macam rancangan pensiun secara tepat, aman, sejak dini. Jangan mempersiapkan pensiun, terlalu mendekati masa pensiun, misalnya saja 1 hingga 2 tahun menjelang pensiun. Tidak bisa dibilang terlambat, namun terbilang tidak cukup waktu untuk mempersiapkan masa pensiun dengan baik.

Hitung kebutuhan keuangan Anda

Hal berikutnya yang perlu dipersiapkan adalah, mulai menghitung, berapa uang pensiun yang akan Anda dapatkan. Mulai dari uang pensiun bulanan, pesangon, dan hal-hal lainnya.

Anda juga perlu menghitung berapa kebutuhan atau pengeluaran Anda per bulan. Jangan sampai, pendapatan uang pensiun per bulan, tidak mencukup pengeluaran Anda per bulannya. JIka memang demikian, sudah dapat dipastikan, Anda harus memutar otak, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, dari penghasilan lainnya.    

Siapkan keuangan keluarga pasca pensiun

Masih ada hubungannya dengan penjelasan di atas. Tidak ada salahnya jika Anda, mulai  mempersiapkan sejak dini, sistem keuangan pasca pensiun. Tentunya, selain uang bulanan pensiun, uang pesangon atau yang lainnya, yang diperoleh.  

Ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan dalam hal ini, mulai dari :

1.    Koleksi aset penting

Cari tahu aneka aset yang Anda miliki, pastikan aset tersebut mempunyai nilai atau harga yang baik di tahun-tahun mendatang. Umumnya aset tersebut, berupa tanah dan bangunan. Walaupun bangunan yang dijadikan aset tersebut Anda gunakan saat ini.

2.    Melakukan investasi sejak dini

Saat ini ada cukup banyak jenis investasi yang dapat dilakukan. Pastikan investasi yang diikuti ini termasuk jenis investasi jangka panjang. Terutama hingga masa pensiun kelak.

Dalam memilih jenis investasi, pastikan investasi tersebut, sudah diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan, agar terhindar dari jenis investasi bodong. Atau setidaknya pelajari aneka jenis investasi tersebut dengan baik.

3.    Menyisihkan setidaknya 15% dari penghasilan

Cara lain untuk mempersiapkan keuangan yang matang pada saat pensiun kelak, adalah dengan menyisihkan setidaknya 10%, dari total penghasilan yang Anda dapatkan. Ulasan tersebut, seperti yang diungkapkan oleh para ahli keuangan. Tapi akan lebih baik jika anda menyisihkan setidaknya 15% dari total pendapatan Anda.

4.    Tetap menekuni hobi

Anda yang suka dengan hobi tertentu, tidak ada salahnya untuk tetap dijaga dengan baik hobby tersebut. Alasannya, untuk tetap menjaga konsentrasi Anda tetap aktif, pasca pensiun, atau ketika sedang tidak bekerja lagi. Sehingga Anda tidak mengalami Post Power Syndrome, atau sindrom pasca kekuasaan.

Akan lebih baik, jika hobby yang Anda suka dan tekuni ini memang menghasilkan uang yang baik. Pastinya akan sangat menguntungkan.

5.    Usaha sampingan

Selain melakukan investasi. Tidak ada salahnya jika Anda mempunyai usaha sampingan. Tidak perlu yang merepotkan, tapi yang penting dapat Anda kelola dengan baik. Misalnya saja usaha rumah kontrakan, jual beli mobil atau yang lainnya.  

Selalu jaga kesehatan tubuh dengan baik

Adapun tips persiapan pensiun lain yang tentunya perlu Anda perhatikan adalah, selalu menjaga kesehatan tubuh dengan baik. Ini adalah salah satu aset agar Anda tetap sehat, selama masa pensiun kelak. Olahraga secara rutin, dan melakukan pola hidup sehat. Adalah salah satu jenis investasi berharga untuk hidup Anda kelak. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?