Tips Persiapan sebelum Pensiun: Sibukkan Diri Anda dengan Hal ini

By February 20, 2020July 6th, 2020Pensiun Bahagia dan Bermakna
Tips Persiapan sebelum Pensiun Sibukkan Diri Anda dengan Hal ini

Tips Persiapan sebelum Pensiun: Sibukkan Diri Anda dengan Hal ini

Sudah seringkali dibahas, kesepian adalah salah satu kondisi yang paling ditakutkan oleh orang lanjut usia. Ini bukan soal kita yang tak lagi berada di keramaian orang, tapi lebih dari itu.

Mencapai usia lanjut, yakni 60 tahunan, orang biasanya akan merasa sangat kesepian karena beberapa hal. Misalnya saja kehilangan orang sebaya akibat kematiannya, gangguan kesehatan, kesibukan kerabat terdekat dan berkurangnya aktvitas.

Hal ini seharusnya sudah bisa dipredisksi oleh banyak orang dalam rencana persiapan sebelum pensiun. Bukan soal keuangan, kondisi mental juga diperlukan. Ini adalah salah satu tips persiapan sebelum pensiun; Anda bisa menyibukkan diri dengan beberapa hal.

Bagaimana caranya?

Lakukan hobi
Do your own thing! Lakukan segala sesuatu yang Anda suka dan nikmati. Misalnya berkebun atau menjahit. Fokuskan diri Anda pada hal yang membuat Anda lupa akan kondisi kesepian tersebut.

Internet
Tentu saja internet adalah hal yang paling adiktif. Anda bisa melakukan browsing soal info apapun yang Anda suka.
Tak hanya info, playlist music serta film, sosial media dan bahkan games bisa menemani Anda. Tapi ingat, kecanduan akan internet bisa membaut Anda lebih merasakan kesepian.

Tak hanya itu, ada beberapa penelitian yang menyebutkan bahwa orang lanjut usia rentan terkena fraud. Artinya, mereka seringkali mengalami penipuan, menyebarkan hoaks dan lain-lain.

Olahraga
Agar tubuh tetap bugar, Anda harus tetap rajin berolahraga. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan usia Anda. Tentu saja ini karena olahraga berat justru akan membuat Anda sakit.

Menjadi volunteer
Mengikuti aktivitas sosial tentu saja menjadi salah satu bentuk syukur kita di hari tua. Tak hanya bisa membantu sesama, Anda bisa berinteraksi pada orang-orang yang membutuhkan.

Ikut organisasi
Mulai ikuti organisasi yang Anda minati, entah itu organisasi keagamaan atau non profit lainnya. Di sini, Anda bisa tetap membangun jaringan dengan orang lain.

Kesibukan ini bisa Anda lakukan setahun sebelum masuk masa pensiun. Ingat, persiapan masa pensiun
ini penting dilakukan untuk Anda yang ingin masa tuanya terasa bahagia. (Dinda)

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Tips Persiapan sebelum Pensiun: Sibukkan Diri Anda dengan Hal ini

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?