Urgensi Spiritualitas untuk Pelatihan Pensiun

By July 19, 2016August 20th, 2020Berita Training, Pensiun Bahagia
training pelatihan pensiun

training pelatihan pensiun

Mengapa banyak Training Masa Persiapan Pensiun yang kurang berhasil? Banyak perusahaan memberikan Pelatihan Persiapan Pensiun untuk para calon purnabhaktinya, namun merasa kurang mencapai hasil yang diinginkannya karena dalam training tersebut tidak disampaikan mengenai permasalahan Spiritual.

Padahal, telah banyak penelitian yang membahas mengenai Urgensi Spiritualitas untuk Persiapan Pensiun. Telah banyak ahli kesehatan yang menemukan bahwa kepercayaan spiritual dan ibadah keaga-maan menunjukkan hubungan yang positif dalam segi kesehatan dan dapat membantu dalam mengurangi resiko dari berkembangnya berbagai penyakit serius (Ebersole & Hess, 1997; Larson, Swyers & McCullogh, 1998).

Seaward (2013) menyampaikan bahwa pengakuan atas hubungan spiritualitas dengan kesehatan, terutama pada penyembuhan penya-kit-penyakit fisik makin meninggi sejalan dengan ditemukannya hasil-hasil penelitian yang menunjukkan korelasi yang signifikan. Dan bah-wa para peneliti telah mulai untuk mendefinisikan hubungan yang rumit antara agama dan kepercayaan spiritual dan ibadah, dengan kesehatan fisik dan psikologis.

Penelitian terbaru dari Micozzi (2006, dalam Seaward, 2013), telah menunjukkan hasil statistik yang signifikan mengenai bagaimana Spiritualitas mendatangkan kesembuhan pada sakit fisik dan psikologis. Para peneliti menemukan adanya hubungan yang signif-ikan antara keterlibatan unsur agama, kesehatan mental yang lebih baik, dan dukungan sosial yang lebih baik. Mereka juga menemukan bahwa hampir 80% dari orang-orang yang religius, lebih bahagia, lebih memiliki harapan, dan memiliki pandangan yang optimis ten-tang hidup mereka, dibanding mereka yang tidak religius.

Dari pembahasan berbagai penelitian tersebut diatas, kita bisa melihat pentingnya unsur Spiritualitas untuk membuat kualitas hidup kita semakin meningkat, dan terhindar dari Patologi (penyakit) spiritu-al, yang bisa menjadi pemicu dari berbagai penyakit fisik. Training ESQ atau Emotional dan Spiritual Quotient adalah salah satu dari berbagai cara yang bisa anda andalkan untuk meningkatkan spiritu-alitas anda dengan waktu yang cepat (melalui akselerasi transforma-si karakter).

Dari penjelasan diatas kita bisa mempertimbangkan unsur spiritual sebagai hal yang penting dalam suatu Pelatihan Persiapan Pensiun. Tidak banyak provider yang menganggap penting aspek pengembangan Spiritual dalam Training Masa Persiapan Pensiun. Karena itulah, ESQ mengambil unsur Spiritual dalam pengem-bangan Modul untuk Pelatihan Masa Persiapan Pensiun. Ada berbagai Modul untuk pengembangan spiritual, dengan materi dari ESQ Model, yang diberikan dalam paket Pelatihan Pensiun.

ESQ MPP adalah salah satu produk dari ESQ yang diciptakan guna untuk membantu para calon purna bakti dalam menghadapi fase – fase pensiun mereka. Training Persiapan Pensiun yang menggabungkan kualitas content yang baik dan tepat, terukur, metode delivery yang baik, customized sesuai dengan kebutuhan client serta kualitas service yang seharusnya dimiliki oleh konsul-tan pensiun dan jasa.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?