Skip to main content

Wajibkah Perusahaan Memberi Pelatihan Masa Persiapan Pensiun Swasta?

By October 11, 2022Article
wajibkah perusahaan memberi pelatihan masa persiapan pensiun karyawan swasta

Menjelang pensiun merupakan fase yang sering menimbulkan kecemasan di hati karyawan. Untuk bisa menghadapinya, perlu ada persiapan matang sejak jauh hari. Salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan masa persiapan pensiun swasta.

Nyatanya, kecemasan terhadap kondisi finansial merupakan hal yang kerap terjadi. Selain itu, berkurangnya aktivitas juga bisa menurunkan rasa percaya diri para pensiunan. Hal-hal inilah yang sering menjadi topik utama dalam pelatihan tersebut.

Manfaat Training Masa Persiapan Pensiun Swasta

Sebelum mengetahui apakah perusahaan swasta wajib memberikan pelatihan ini untuk karyawannya, ada baiknya mengetahui dahulu manfaatnya. Berikut ini adalah beberapa hal positif kegiatan tersebut, baik bagi karyawan maupun perusahaan.

1. Lebih Siap secara Finansial

Salah satu modul dalam program pelatihan persiapan pensiun ini adalah perencanaan keuangan dan edukasi mengenai investasi. Keduanya sangat penting sebagai bekal bagi orang-orang pada usia prajabatan tersebut.

Betapa tidak, umumnya mereka mengalami guncangan ekonomi akibat penghasilan yang berkurang drastis. Jadi, literasi finansial sangat penting agar para pensiunan tidak kesulitan keuangan sampai harus bergantung kepada orang lain.

2. Mempersiapkan Hari Tua yang Tetap Produktif

Pelatihan persiapan pensiun juga memberikan manfaat dalam hal kondisi mental yang lebih siap. Rasa  bingung harus melakukan apa saat sudah tidak bekerja pun jadi hilang.

Pasalnya, dalam training tersebut, peserta akan mendapat bekal agar tetap produktif, meskipun memasuki usia prajabatan. Contohnya dengan merintis bisnis, aktif dalam komunitas, maupun menjadi konsultan sesuai keahlian.

3. Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Memang tidak ada ketentuan yang mewajibkan training masa persiapan pensiun swasta. Namun, nyatanya karyawan yang mendapatkan manfaat dari pelatihan tersebut juga akan merasakan bahwa ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan.

Tentu saja akan meningkatkan loyalitas karyawan. Di samping itu juga bisa menarik calon pekerja pada saat rekrutmen.

Pilih Penyelenggara Training Berkualitas

Di ESQMPP, tersedia beberapa pelatihan persiapan pensiun, baik untuk perusahaan, maupun umum. Tidak hanya tatap muka langsung, sebab tersedia juga metode online.

Mempercayakan pelatihan perusahaan Anda pada ESQMPP sangat tepat, lantaran modulnya fleksibel dan bisa menyesuaikan dengan kultur perusahaan dan kebutuhan masing-masing peserta.

Kesimpulannya, meskipun pelatihan masa persiapan pensiun swasta bukan hal yang wajib, tetapi manfaatnya cukup besar. Baik bagi perusahaan, maupun karyawannya.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?