Slot Thailand https://www.powerbortools.com/
Bisnis yang Cocok Dijalankan saat Masa Persiapan Pensiun Swasta

Bisnis yang Cocok Dijalankan saat Masa Persiapan Pensiun Swasta

By March 8, 2023Article
Bisnis yang Cocok Dijalankan saat Masa Persiapan Pensiun Swasta

Saat menjalani masa persiapan pensiun swasta, biasanya karyawan sudah terbebas dari tanggung jawab yang besar. Kondisi tersebut terjadi sekitar 1 hingga 2 tahun, sebelum masa kerja berakhir.

Ini merupakan waktu tepat untuk mulai memikirkan lini bisnis yang cocok sebagai pengisi masa pensiun mendatang. Sebab, membangun bisnis sampai berjalan lancar tentu butuh proses dan waktu yang tidak sebentar, bukan?

Bisnis untuk Mengisi Masa Persiapan Pensiun Karyawan Swasta

Selain investasi, membuka usaha sendiri juga dapat menjadi sumber passive income yang sangat menjanjikan. Lantas, bisnis apa saja yang cocok bagi karyawan swasta, sebelum masa pensiun?

1. Menjual Produk

Produk di sini mempunyai makna yang sangat luas, seperti produk kecantikan, kesehatan, fashion, kebutuhan pokok, jasa, dan lain-lain. Jika dana sudah siap, tidak ada salahnya membuka toko fisik atau offline di tempat yang strategis.

Cari karyawan atau minta kepada pasangan untuk menjalankan bisnis tersebut. Namun, apabila kondisi kurang memungkinkan, jualan online dapat menjadi alternatif yang dapat dipertimbangkan.

2. Rental Kendaraan

Dari segi harga, rental kendaraan memang memerlukan modal yang cukup besar. Namun, lini bisnis satu ini juga menawarkan berbagai kelebihan yang patut untuk Anda pertimbangkan.

Selain tidak membutuhkan banyak tenaga, rental kendaraan juga dapat langsung jalan dalam skala kecil. Hasil yang diberikan pun juga lumayan besar, apalagi pada musim liburan sekolah atau hari raya.

3. Bisnis Kontrakan atau Kos-kosan

Saat ini, batas usia masa pensiun karyawan swasta adalah 58 tahun. Secara fisik, tentu Anda tidak lagi sekuat dan setangguh selagi masih muda. Bisnis kontrakan atau kos-kosan dapat menjadi pilihan yang terbaik.

Sebab, Anda tidak perlu datang untuk melakukan pengawasan tiap hari, tetapi hasilnya rutin setiap bulan atau tahun. Lebih dari itu, harga tanah akan terus mengalami peningkatan di masa yang akan datang.

4. Membuka Usaha Digital

Anda termasuk salah satu orang yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang digital? Tidak ada salahnya memanfaatkan skill tersebut untuk mulai merintis bisnis, seperti jasa pembuatan website atau aplikasi, desain logo, dan lain-lain. Lengkapi langkah tersebut dengan mengikuti pelatihan di ESQ MPP, selama masa persiapan pensiun swasta. Di sini, Anda akan memperoleh materi yang berguna sebagai bekal menjalani hari tua sebagai pensiunan mapan.

Leave a Reply

Konsultasikan rencana pensiunmu, gratis.

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?
homescontents