Skip to main content

Cara Menjaga Finansial Stabil di Masa Pensiun

Di masa pensiun produktivitas menurun, pemasukan yang rutin dari pekerjaan sudah tidak ada. Namun, Anda bisa mencari pemasukan atau mengatur keuangan agar cukup untuk kebutuhan harian dan keinginan selama masa pensiun.

Ini dia cara menjaga finansial stabil di masa pensiun.

1. Memiliki pemasukan dari part time 

Anda yang bekerja di sebuah perusahaan biasanya mendapatkan uang pensiun. Namun, uang tersebut hanya cukup untuk beberapa waktu saja. 

Untuk pemasukan di masa pensiun, tanpa harus bekerja secara rutin, Anda bisa kerja part time. Pekerjaannya bisa apa saja sesuai dengan kemampuan.

Misalnya, Anda mahir bahasa Inggris, Anda bisa memberikan kursus bahasa Inggris pada anak-anak muda yang membutuhkannya.

2. Memiliki passive income

Jika Anda tidak ingin bekerja, bisa juga mendapatkan passive income dengan menyewakan rumah atau kost.

Kebutuhan orang akan tempat tinggal masih tinggi, terutama di kota-kota besar yang menjadi tempat untuk memulai karier. 

Nanti Anda memperoleh pemasukan dari bayar uang sewa bulanan atau tahunan. Dipilih sesuai dengan keinginan. Untuk memperoleh passive income ini, Anda perlu mempersiapkannya jauh dari masa pensiun.

3. Mendahulukan kebutuhan

Agar finansial Anda tetap stabil, tetap dahulukan kebutuhan dibandingkan keinginan. Setelah kebutuhan terpenuhi dengan baik, Anda bisa memenuhi keinginan. 

Untuk tahu apa saja kebutuhan yang Anda persiapkan, buat daftar skala prioritasnya dulu. Ini dilakukan agar Anda tidak melupakan kebutuhan Anda.

4. Mempersiapkan asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan adalah elemen penting yang untuk membuat keuangan tetap stabil. Apalagi biaya untuk kesehatan di rumah sakit itu mahal. Dengan asuransi kesehatan yang aktif, Anda bisa memperoleh fasilitas pengobatan yang layak dan perawatan yang terpadu.

Sekarang sudah banyak asuransi kesehatan yang dapat Anda pilih. Minimal memiliki BPJS Kesehatan yang iurannya lebih murah dan bekerja sama dengan banyak fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia.

5. Rutin menabung

Cara ini mungkin tampak membosankan, tapi mampu menstabilkan keuangan secara jitu. Anda bisa menyisihkan uang dari pemasukan bulanan. Setelah itu uangnya bisa digunakan untuk keperluan lain. 

Itu dia cara menjaga finansial stabil di masa pensiun. Anda bisa mempraktikkannya di kehidupan sehari-hari. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?