Ini Indikator Masa Pensiun Dini Anda akan Sukses

By February 27, 2020July 6th, 2020Pensiun Bahagia dan Bermakna

Ini Indikator Masa Pensiun Dini Anda akan Sukses – Masa pensiun adalah masa transisi yang tak pernah mudah. Saat memasuki masa ini, biasanya orang akan merasa mudah bosan, kesepian dan bahkan depresi. Ini bisa sangat wajar mengingat Anda sudah menjalani hidup bekerja dengan jangka waktu yang cukup lama.

Selama bekerja, hidup Anda dipenuhi dengan tujuan, rasa memiliki dan income yang cukup. Usai pensiun, masa transisi tidak akan mudah jika Anda tak mempersiapkannya dengan baik.

Nah, bayangkanlah jika Anda pensiun dini, masa-masa ini artinya akan berlangsung lebih lama. Namun Anda tak perlu risau. Semua akan berjalan dengan baik jika Anda mempersiapkannya dengan matang.

Sudah cukup banyak bahasan soal persiapan pensiun dini yang Anda perlukan. Kali ini, waktunya Anda mengukur, apakah Anda sudah cukup siap dan dinilai akan sukses saat pensiun dini nanti?

Dikutip Retireby40, ada 3 tolak ukur atau indikator yang bisa Anda pakai. Berikut ulasannya.

Pendapatan terus meningkat atau stabil
Indikator pertama tentu saja finansial. Anda harus bisa menganalisa bahwa income yang Anda dapatkan selama ini di luar gaji kantor selalu naik atau minimal stabil.

Misalnya dana investasi atau bisnis. Karena masa pensiun akan berlangsung lama, maka pendapatan ini harus mampu menghidupi sisa hidup Anda tanpa gaji dari kantor.

Strategi penarikan
Anda harus punya strategi penggunaan atau penarikan uang yang matang. Di bawah ini adalah grafik yang Anda bisa lihat.

Pensiun-DiniSumber gambar: Retire by 60

Artinya, pendapatan biasanya akan terus bertambah jika kita bekerja secara full time. Tapi setelah kita pensiun, maka kekayaan bersih kita akan turun drastis di rentang usia 55 hingga 65 tahun.

Itu sebabnya, pada usia ini Anda harus dipastikan memiliki tabungan yang cukup atau bahkan harus lebih. Jangan sampai pada usia itu, Anda justru menggunakan dana yang Anda punya untuk sesuatu yang tidak perlu.

Lebih bahagia dan lebih sehat
Artinya Anda harus sudah siap secara mental dan psikis. Upayakan setahun sebelum pensiun Anda membangun kebiasaan berolahraga atau meditasi untuk merelaksasi pikiran serta kebugaran tubuh.

Tentu saja ini karena masa tua Anda akan diwarna oleh penurunan kesehatan dan mental. Kebiasaan sehat fisik dan mental ini akan Anda membuat Anda sukses di masa tua nanti.

Itu dia tiga indikator yang bisa Anda lihat sebagai tolak ukur Anda mempersiapkan masa pensiun dini nanti. Bagaimana? Sudah siapkah Anda?

Sumber: https://retireby40.org/3-indicators-of-a-successful-early-retirement/

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda

Ini Indikator Masa Pensiun Dini Anda akan Sukses

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?