Perbedaan Investasi Syariah dengan Investasi Konvensional

By March 5, 2020August 20th, 2020Pensiun Produktif

Sebagai negara dengan penduduk mayoritas muslim, investasi syariah sudah seharusnya jadi solusi untuk mencari keberkahan rezeki. Tapi, apakah Anda sudah tahu apa itu investasi syariah?

Sebetulnya, tujuan dari investasi syariah dan konvensional tak jauh berbeda, yakni keuntungan materi. Namun pembeda kedua investasi ini adalah keberkahannya karena terjamin halal. Investasi syariah memfasilitasi kita yang ingin mencari keberkahan pada tiap aspek kehidupan.

Apalagi perbedaan lainnya? Berikut adalah perbedaan investasi syariah dan investasi konvensional yang dikutip berbagai sumber.

Lembaga yang Mengawasi

Pembeda lainnya adalah, jika investasi konvensional diawasi oleh OJK, maka investasi syariah diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional dan Dewan Pengawas Syariah.

Riba

Riba adalah hal terlarang bagi setiap muslim. Riba ini artinya adalah semua yang ditambahkan atas pokok harta tanpa adanya usaha dan perdagangan. Riba ini bersifat merugikan terutama bagi pinjam meminjam.

Jelas

Jelas yang dimaksudkan di sini adalah tidak mengandung unsur gharar (ketidakpastian) atau maisir (judi). Produksi atau distribusi barangnya halal dan tak ada transaksi suap.

Ada akad

Akad dalam insvestasi syariah juga merupakan ciri khas tersendiri. Akad tersebut biasanya berupa musyarakah (ijarah), ijarah (sewa-menyewa) dan mudharabah (bagi hasil).

Produk

Produk investasi syariah biasanya berupa saham atau efek syariah, reksa dana syariah dan sukuk obligasi syariah.

Kemudian, investasi syariah juga punya ciri-ciri yang menjadi pembeda dengan invetasi konvensional.

  • Sertifikat menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan.
  • Pemegang saham memperoleh keuntungan dalam bentuk dividen dan capital gain.
  • Kegiatan usaha dan pengelolaannya tidak bertentangan dengan prinsip syariah.

Demikian sedikit informasi soal investasi syariah dan pembedanya dengan investasi konvensional yang bisa kami sajikan untuk Anda. Sudah pertimbangkan untuk menginvestasikannya demi jaminan di masa pensiun yang berkah?

Dana Masa Persiapan Pensiun (MPP) milik ESQ bisa jadi solusi untuk Anda. Selain memiliki sistem syariah, kami bekerja sama dengan Fintech Amanna untuk memberikan kemudahan akses kepada Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silahkan klik di sini. (Dinda)

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?