Syarat Persiapan Pensiun Dini Bagi ASN dan Karyawan Swasta

By March 6, 2023Article
Syarat Persiapan Pensiun Dini Bagi ASN dan Karyawan Swasta

Seorang ASN (PNS) atau karyawan swasta tentu ingin bekerja dengan baik hingga waktunya purna tugas. Namun, dalam kondisi tertentu Anda mungkin ingin pensiun lebih awal. Jika demikian, Anda perlu persiapan pensiun dini yang lebih matang.

Ada beberapa syarat yang perlu Anda siapkan jika ingin pensiun dini. Dalam hal ini, ada persamaan dan perbedaan antara kebutuhan persiapan ASN dan karyawan swasta.

Syarat Persiapan Pensiun Dini Bagi ASN dan Karyawan Swasta

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagai syarat pensiun dini, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Batas Usia Minimal

Agar hak pensiun dini seperti tabungan hari tua tidak digunakan secara semena-mena oleh karyawan, maka perusahaan maupun pemerintah memiliki batasan usia minimal untuk pengajuannya.

ASN dapat mengajukan pensiun dini saat usianya 45 tahun bila ia telah bekerja minimal 20 tahun. Sedangkan karyawan swasta biasanya memiliki syarat yang relatif lebih ringan, misalnya minimal usia 45 tahun untuk orang yang telah bekerja 10 atau 15 tahun. Namun semuanya tergantung pada perjanjian dengan perusahaan.

  1. Formulir Pengajuan

Selain telah memastikan batas usia minimal sudah tercapai, Anda perlu melengkapi syarat selanjutnya, yaitu mengisi formulir pengajuan dalam masa persiapan pensiun dini.

Bagi karyawan swasta, formulir ini tidak perlu Anda cari ke teman Anda di perusahaan lain, ataupun di internet. Anda bisa memintanya ke HRD perusahaan yang mempekerjakan Anda.

Sebaliknya, bagi ASN, Anda bisa mencari formulir ini di website resmi badan pemerintahan tempat Anda bekerja.

  1. Dokumen Prasyarat Pengajuan

Langkah selanjutnya adalah mempersiapkan dokumen-dokumen untuk prasyarat pengajuan. Dokumen-dokumen ini biasanya adalah dokumen sederhana yang pasti Anda punya.

Untuk ASN, Anda akan diminta menyiapkan surat-surat, SK, KK dan KTP, surat nikah bagi yang sudah menikah, akta anak, dan beberapa dokumen resmi lainnya. Bagi karyawan swasta, syaratnya tidak jauh berbeda, tapi kembali lagi tergantung pada kebijakan perusahaan. Dengan mengetahui syarat-syarat tersebut, Anda dapat melakukan persiapan pensiun sejak dini. Anda juga dapat mengikuti program pelatihan persiapan pensiun dini di ESQ MPP. Kunjungi website resminya di sini.

Leave a Reply

Konsultasikan rencana pensiunmu, gratis.

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?