Skip to main content

Tips Bermanfaat untuk Masa Persiapan Pensiun BUMN

By January 17, 2023Article
Tips Bermanfaat untuk Masa Persiapan Pensiun BUMN

Sedang melakukan perencanaan masa persiapan pensiun (MPP) atau purnabakti untuk pegawai BUMN? Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan dan akan kami coba bahas di sini. Tujuannya agar proses menjalani pensiun lebih nyaman dan  sejahtera.

Sebelum mengajukan MPP, pertama-tama Anda harus mengetahui aturan masa persiapan pensiun terlebih dahulu. Di artikel ini kami sudah merangkum semuanya untuk Anda.

Usia Purnabakti Pegawai BUMN

Masa persiapan pensiun BUMN sama dengan usia purnabakti PNS. Hal inilah yang perlu Anda ketahui pertama kali sebelum proses pengajuan dilakukan meskipun pegawai BUMN merupakan non PNS.

Masa persiapan pensiun PNS adalah minimal 58 dan maksimal 65 tahun. Begitu juga dengan pegawai BUMN. Selain itu, pemerintah juga menyarankan untuk para pegawai BUMN maupun PNS untuk mempersiapkan satu tahun sebelum proses pengajuan purnabakti.

Tips Persiapan Purnabakti BUMN

Di sini kami akan membagi persiapan pada beberapa poin dengan aspek yang berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya silahkan cek informasi berikut ini:

1. Lengkapi Persyaratan

Persyaratannya mulai dari dokumen-dokumen, usia, dan lain sebagainya. Terlebih jika Anda ingin mengajukan pensiun dini.

Pensiun dini pada perusahaan swasta maupun BUMN minimal berusia 45 tahun dengan masa kerja minimal 10 tahun. Namun, untuk masa kerja biasanya ada yang hingga 25 tahun tergantung kebijakan masing-masing instansi.

2. Membangun Passive Income

Untuk kebebasan finansial di masa tua, metode membangun passive income adalah pilihan yang strategis. Pasalnya penghasilan pada masa purnabakti akan berkurang dibandingkan saat Anda bekerja dulu.

Ada beberapa passive income yang bisa Anda bangun. Salah satu yang paling mudah seperti memanfaatkan aset bangunan dan tanah untuk disewakan.

3. Merintis Usaha Sendiri

Untuk yang ingin tetap aktif, merintis usaha bisa menjadi pilihan alternatif yang lain. Cara ini cocok untuk Anda yang malas menunggu kenaikan nilai saham dan sejenisnya.

Ada dua jenis bisnis yang bisa Anda coba pertimbangkan, seperti bisnis konvensional maupun bisnis online.Itulah beberapa tips dalam menjalani masa persiapan pensiun untuk pegawai BUMN. Anda juga bisa mengikuti program ESQ MPP agar persiapan menjadi lebih optimal.

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?