Tips Super Mudah agar Sehat di Masa Pensiun

By March 2, 2020July 6th, 2020Pensiun Sehat

Banyak yang mencari tahu, bagaimana agar kita bisa tetap sehat di masa pensiun? Namun jawabannya seringkali soal menu diet, olahraga dan kebiasaan sehari-hari.

Padahal, masyarakat lanjut usia membutuhkan yang lebih dari itu. Beruntungnya kita, jawaban yang lebih dari itu ternyata juga sangat mudah didapatkan.

Dilansir Sixty and Me, ada beberapa tips yang super mudah untuk didapatkan agar Anda bisa tetap sehat di masa pensiun.

Pakai tangga

Lift atau eskalator di tempat umum memang biasanya dibuat untuk fasilitas lanjut usia. Namun jika Anda masih mampu dan sehat, maka gunakan tangga agar kita tetap bisa berolahraga ringan.

Namun bukan berarti Anda harus menaiki tangga dari lantai dasar hingga lantai sepuluh. Gunakan tangga dengan maksimal dua lantai untuk olahraga ringan.

Dengan menggunakan tangga, Anda bisa menguatkan sendi dan otot, mengurangi berat badan dan menambah produksi endorfin.

Tetap aware

Aware di sini bisa jadi banyak hal. Misalnya berlaku bijak mendengarkan opini orang, open minded, empati tinggi dan perilaku terpuji lainnya.

Tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda sudah beretika baik, sopan, saling menghargai, berempati, dan penuh kasih sayang? Sikap positif ini tak hanya berdampak baik bagi orang lain, tapi membuat diri sendiri jauh lebih bahagia.

Makan kacang-kacangan

Tahukah Anda bahwa kacang-kacangan memiliki nutrisi yang sangat baik untuk para lanjut usia? Makanlah sedikitnya satu cup kacang per hari.

Kacang mengandung banyak serat, protein, antioksidan dan rendah lemak. Jadi, pastikan kacang masuk dalam menu diet Anda.

Aktif secara sosial

Seringkali kita bahas bahwa ada baiknya para lanjut usia tetap aktif secara sosial. Jangan hanya tertahan pada scope kecil seperti pasangan hidup, keluarga atau bahkan sahabat.

Anda pasti tahu bahwa kelompok lanjut usia adalah kelompok yang sangat rentan mengalami kesepian. Itu sebabnya, mengikuti kegiatan sosial dan agama akan sangat membantu Anda.

Rutin check up

Anda tak perlu menunggu waktu sakit untuk segera ke dokter. Rutinlah melakukan medical check up dan memeriksa gigi Anda. Lakukan pula tes rutin untuk kanker, jantung, diabetes dan penyakit yang seringkali menyerang para lanjut usia lainnya.

Bagaimana? Masih menganggap tips sehat di masa pensiun adalah hal yang sulit dan mahal? Nyatanya tak begitu. Mari kita siapkan diri agar sehat jasmani dan rohani di masa tua. (Dinda)

Sumber: https://sixtyandme.com/6-super-easy-healthy-aging-tips-that-almost-everyone-can-do/

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?