Skip to main content

Pensiun Bermakna : Cara Menghindari Perangkap Depresi

By March 18, 2022Article

Bagi sebagian orang, pensiun bisa menjadi langkah yang menakutkan. Mereka merasa seperti seluruh hidup mereka telah berakhir, bahwa mereka entah bagaimana terputus dari seluruh dunia. Ternyata, mereka mungkin ada benarnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pensiun sebenarnya buruk bagi kesehatan Anda. Sebuah laporan Mei 2013 yang diterbitkan oleh Institut Urusan Ekonomi yang berbasis di London menemukan bahwa pensiun meningkatkan kemungkinan menderita depresi sebesar 40%. Ini meningkatkan kemungkinan memiliki satu penyakit fisik yang didiagnosis sekitar 60%.

Pelakunya? Kurangnya aktivitas sosial dan fisik.

Studi mengungkapkan bahwa pensiunan yang paling sehat masih aktif bekerja, aktif menjadi sukarelawan, dan menjalani kehidupan yang sangat sosial. Ini adalah kunci untuk tetap sehat secara mental dan fisik hingga pensiun. Pensiunan perlu mengisi kesenjangan aktivitas sosial dan fisik mereka dan beralih ke aktivitas yang membuat mereka tetap terstimulasi.

Dengan adanya kemajuan teknologi dan medis, orang memiliki kesempatan untuk hidup lebih lama dari sebelumnya. Harapan hidup meningkat menjadi lebih dari 80 tahun hari ini, atau sekitar satu dekade lebih lama daripada tahun 1960. Jadi, mencari kegiatan di masa pensiun Anda menjadi tugas baru yang tidak perlu dipikirkan oleh generasi sebelumnya.

Dengan meningkatnya harapan hidup, usia pensiun pada 65 tahun mungkin akan berubah. Melanjutkan pekerjaan Anda bisa menjadi pilihan untuk tetap aktif selama tahun-tahun berikutnya. Atau, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan. Apapun masalahnya, perencanaan adalah kuncinya. Untuk menikmati masa pensiun, Anda perlu merencanakan dan menetapkan tujuan spesifik yang ingin Anda capai. Di ESQ MPP, kami ingin memastikan Anda tidak menjalani fase perencanaan ini sendirian. Pelatih kami berpengetahuan luas dan berpengalaman dan akan membantu Anda mempersiapkan rencana pensiun bermakna.

Sumber:

BBC
NCBI (National Center for Biotechnology Information)

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?