Skip to main content

Persiapan Pra Pensiun Dalam Bidang Keuangan yang Perlu Anda Persiapkan

By August 19, 2021Article

Memasuki masa pensiun, tentunya Anda membutuhkan sebuah rancangan keuangan yang tepat dan sistematis. Hal ini dilakukan agar Anda, nyaman dan tenang ketika memasuki masa pensiun kelak.  Untuk itu ada beberapa persiapan pra pensiun yang harus dilakukan, antara lain :

  • Ketahui berapa uang pensiun Anda

Pertama-tama dalam persiapan pra pensiun adalah mencari tahu berapa uang pensiun yang akan Anda dapatkan. Dalam hal ini Anda perlu mencari tahu, berapa pendapatan per bulan yang akan didapat, berapa uang pesangon yang akan didapat, dan hal-hal lainnya.

Cari tahu hal-hal tersebut secara detail. Jangan lupa untuk mencari tahu kapan Anda akan memasuki masa pensiun, mulai dari tanggal, bulan hingga tahun. Ini penting untuk mulai merancang, masa depan, ketika pensiun datang.

  • Ketahui berapa pengeluaran rutin per bulan

Hal berikutnya yang perlu Anda cari tahu, adalah beberapa pengeluaran Anda per bulannya. Berikutnya cari tahu apakah pengeluaran per bulan tersebut, sanggup dibayar dengan uang gaji bulanan Anda atau tidak. jika memang gelora rutin per bulan, masih dapat ditanggung oleh gaji pensiunan Anda. tentu tidak masalah. Tapi walaupun demikian, tidak ada salahnya jika Anda mulai mencari alternatif dana cadangan, sebagai bentuk antisipasi, ketika Anda Membutuhkan uang dalam jumlah banyak, dalam waktu terbatas.

  • Berkonsultasi dengan pasangan

Jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan pasangan, tentang masalah seperti ini. dalam hal ini Anda dapat menceritakan tentang kapan Anda akan masuk masa pensiun, berapa dana pensiun yang akan didapat, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan pensiun itu sendiri.

Dengan melakukan diskusi seperti ini Anda dan pasangan dapat mulai berpikir tentang berbagai macam hal, mulai dari pengeluaran, sistem keuangan yang mungkin harus diubah dan hal-hal lainnya. Mengingat hal seperti ini, secara tidak langsung menyangkut kebutuhan seluruh keluarga yang ada.  

  • Mulai melakukan investasi

Seperti yang selintas dijelaskan di atas, Anda juga perlu memikirkan tentang sumber dana lain selain uang pensiun yang akan didapat, salah satunya adalah mulai mencari jenis investasi yang tepat. Sedikit tips untuk Anda yang saat ini sedang mencari investasi yang tepat. Perhatikan dan pelajari dengan baik, jenis investasi tersebut, tidak hanya keuntungan, namun pelajari juga kerugian yang mungkin saja didapat.

Seperti diketahui bersama, saat ini ada cukup banyak jenis investasi yang tersedia, mulai dari investasi saham, reksadana, hingga investasi dalam bentuk cryptocurrency. Pilih jenis investasi jangka panjang, mengingat tujuan melakukan investasi kali ini adalah dana pensiun.

  • Mencari bisnis yang menguntungkan

Selain mencari ide investasi, tidak ada salahnya jika Anda juga mencari ide untuk menjalankan bisnis. Sama seperti investasi, Anda juga perlu mempelajari bisnis yang akan dijalankan kelak, mulai dari cara menjalankan bisnis, nilai keuntungan dan kerugian yang pasti terjadi.

Ketika mencari ide bisnis untuk pensiun kelak, pilih yang terbilang ringan, namun cukup membantu keuangan Anda. Mulai dari bisnis rumah kontrakan, bisnis air isi ulang, bisnis jual beli mobil bekas, bisnis cuci mobil dan yang lainnya.   

  • Menekuni hobi yang menguntungkan

Atau jika Anda mempunyai hobi yang mungkin cukup menghasilkan kenapa tidak. misalnya saja hobi memancing, hobi koleksi barang antik, hobi memelihara burung, hobi bertani dan yang lainnya.

Selain jadi ajang mengisi waktu luang, juga mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah yang terbilang menguntungkan.  

  • Mengikuti asuransi pensiun

Hal lain yang terbilang jarang orang ikuti adalah mengikuti program asuransi pensiun. Sistemnya kurang lebih sama dengan menabung, tapi pastinya akan ada beberapa keuntungan lebih yang akan Anda dapatkan ketika mengikuti program tersebut.

Jadi demikianlah beberapa persiapan pra pensiun dalam hal keuangan yang sebaiknya Anda perhatikan dengan baik. 

Leave a Reply

Open chat
1
Halo,
Ada yang bisa kami bantu?